Halloween party ideas 2015


Kembali ke kampung mungkin kata yang tepat untuk menggambarkan konsep dari resto Dapur Solo. Sebagian besar makanan yang disajikan di resto ini adalah makanan kampung terutama yang berasal dari Solo Jawa Tengah seperti tempe gembus, Brambang Asem dan Cambuk Rambak serta Sambel Tumpang.

“Saya kecilnya di Solo sampai SMA, jadi saya tahu makanan Solo,” Swan Kumarga pemilik Dapur Solo.

Ia membangun Dapur Solo sejak tahun 1988 berawal ketiadaan makanan kampung dari Solo  di Jakarta. Apalagi usaha restonya ini berawal dari garasi rumah sederhan di di tahun 1988 dengan bermodalkan sekedar cobek dan blender. Cikal bakal Dapur Solo bermula dari keinginan untuk mengisi waktu luang dengan menjual rujak dan aneka jus bagi anak-anak yang pulang sekolah dan ibu-ibu di lingkungan perumahan.

Menu yang disajikan di Dapur Solo ini antara lain Nasi Langgi Kuning Spesial, Nasi Langgi Spesial, Nasi Liwet Solo, Nasi Urap Solo, Selat Solo, Tengkleng Kambing, Lontong Solo, Asem-asem Iga, Garang Asem Ayam Kampung, Nasi Gudeg Jogja, Nasi Pecel Madiun, Nasi Timbel Madiundan Pindang Bandeng.


Swan Kumarga sangat menjaga kualitas dari makanan yang disajikan di Dapur Solo ini seperti aneka sajian nasi ala Dapur Solo menggunakan beras berkualitas terbaik dari Desa Karang Pandan Solo. Penggilingan dari gabah menjadi beras diproses secara tradisional.

“Di Dapur Solo seluruh masakan disajikan dari bahan-bahan yang alami,” ungkapnya.


Sedangkan Cabe salah satu rempah esensial yang menambah daya tarik tiap masakan, didatangkan dari sebuah perkebunan di Jawa Tengah. Sementara daging ayam dan sapi yang disajikan pun bukan semata-mata daging potong biasa, namun merupakan hasil ternak pilihan yang senantiasa diawasi dan dijaga kualitasnya.


Untuk minuman yang disajikan benar-benar yang biasa dikonsumsi orang kampung di Solo seperti Wedang Ronde, Wedang Beras Kencur, Wedang Gula Asem dan Wedang Jahe serta Wedang Wuh yang merupakan minuman favorit Dapur Solo  yang lokasinya berada di Jl. Panglima Polim I No.95, Melawai, Jakarta Selatan - Indonesia.

Saat ini, Resto Dapur Solo sudah memiliki beberapa cabang di antaranya di Serpong dan Matraman, Jakarta Timur. (Reporter : Iman Rosidi).

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.