Halloween party ideas 2015


Dibangun sebagai wujud rasa syukur bangsa Indonesia yang telah terbebas dari penjajahan, sebuah masjid dibangun di bekas Taman Wilhelmina, di timur laut lapangan Medan Merdeka. Pembangunan Masjid Istiqlal diprakarsai oleh Presiden Soekarno di mana pemancangan batu pertama, sebagai tanda dimulainya pembangunan Masjid Istiqlal dilakukan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 24 Agustus 1951. Arsitek Masjid Istiqlal adalah Frederich Silaban, seorang Kristen Protestan.

Masjid Istiqlal bergaya arsitektur Islam modern, yang tampak dari bentuk kubus, persegi dan kubah yang berbentuk bulat. Ada  7 pintu –melambangkan 7 lapis langit dan 7 hari dalam seminggu--  untuk memasuki Masjid Istiqlal yang masing-masing diberi nama Asmaul-Husna, nama-nama Tuhan,  yaitu Al Fattah (Pembuka), Al Quddus (Kesucian), As Salam (Kedamaian), Al Ghaffar (Ampunan), Ar Rozzaq (Rezeki) dan Ar Rahman (Pengasih) dan  Al Malik ( Raja). Pintu Al Malik merupakan pintu masuk yang digunakan oleh Presiden dan Wakil Presiden karena langsung menuju ke shaf, barisan terdepan saat salat.

Masjid ini memiliki gaya arsitektur modern dengan dinding dan lantai berlapis marmer, dihiasi ornamen geometrik dari baja antikarat. Bangunan utama masjid dimahkotai satu kubah besar berdiameter 45 meter yang ditopang 12 tiang besar. Menara tunggal setinggi total 96,66 meter menjulang di sudut selatan selasar masjid. Masjid ini mampu menampung lebih dari dua ratus ribu jamaah.

Hingga kini, Masjid Istiqlal yang berarti Merdeka dalam bahasa Arab masih menjadi  masjid terbesar di Asia Tenggara. Sebagai obyek wisata religi, wisatawan yang berkunjung ke Masjid Istiqlal umumnya wisatawan domestik, dan sebagian wisatawan asing yang beragama Islam. Sementara wisatawan non-Muslim juga dapat berkunjung ke masjid ini setelah sebelumnya mendapat pembekalan informasi mengenai Islam dan Masjid Istiqlal, meskipun demikian bagian yang boleh dikunjungi kaum non-Muslim terbatas dan harus didampingi pemandu.

Di area parkir sudah dibuat sekitar 20 Information Board yang berisi informasi tentang Istiqlal. Ditulis dalam dua bahasa.  Indonesia dan Inggris, Information Board ini sangat membantu pengunjung untuk mengenal Istiqlal lebih jauh.


Masjid Istiqlal terletak di Jalan Taman Wijaya Kusuma, Jakarta Pusat. Selain mengikuti kegiatan keagamaan yang rutin dilakukan wisatawan juga akan mengagumi dan sekaligus bersyukur dikaruniai pendahulu pemimpin bangsa berpikiran maju yang menghasilkan karya indah berupa masjid yang menjadi salah satu simbol Negara Republik Indonesia.




Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.