Halloween party ideas 2015


Hadirnya taman di tengah kota atau yang lazim kita dengar dengan sebutan taman kota tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi warga. Tidak terkecuali bagi masyarakat Kota Kebumen, Jawa Tengah. Diresmikan pada 25 Mei 2012, Taman Kota Jenderal HM Sarbini hadir untuk memenuhi harapan masyarakat Kota Kebumen akan tempat atau ruang terbuka hijau (RTH) yang bersih, segar, menyenangkan, aman dan nyaman.

Berkunjung ke Kota Kebumen, bagi wisatawan bisa menyempatkan diri untuk datang ke Taman Kota HM Sarbini. Lokasinya berada di pojok Jl Ahmad Yani dengan Jl Indrakila, Kota Kebumen. Taman Kota Jenderal HM Sarbini Kebumen berjarak 1,7 km dari Alun-Alun Kebumen, atau 750 meter dari Tugu Lawet arah Tenggara. Lokasinya yang ada di pojok membuatnya gampang diakses. Taman ini menempati lahan seluas 7.860 m2 di bekas Terminal Bus Kebumen yang sempat terbengkalai sejak 2003 setelah tidak lagi digunakan.


Sebuah gapura menyambut kedatangan wisatawab dengan tulisan dari logam diantara kedua tugunya berbunyi “Taman Kota Jend. HM Sarbini”. Ada siluet burung walet di sana. Patung dada bertopi dan berseragam militer lengkap dengan tanda kepangkatan, bertulis “Jend Purn H.M. Sarbini” dan kutipan kata-kata Bung Karno “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya”.


Jenderal HM Sarbini merupakan tokoh pahlawan daerah Kebumen. Ia adalah seorang jenderal purnawirawan yang dilahirkan di Kebumen, Jawa Tengah dan banyak mengabdi selama masa perjuangan baik di bidang militer maupun pemerintahan Republik Indonesia.


Sebagaimana lazimnya taman kota, maka Taman Kota HM Sarbini berfungsi sebagai tempat untuk bersantai atau melakukan rekreasi bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa mengenal kelompok usia. Banyak anak-anak bermain dengan didampingi oleh orang tuanya, beberapa kelompok anak muda memanfaatkan gazebo untuk saling berbagi dan berinteraksi.


Sebuah jalan refleksi dari batu-batu juga tersedia di taman ini. Lepas sepatu atau sandal Anda dan berjalanlah di atas jalan batu refleksi. Sungguh amat mengasyikkan. Urat syaraf kaki yang tegang seakan kendur saat menapaki kerikil batu refleksi ini.


Satu lagi, hal yang menjadi kekhususan taman kota Kebumen ini adalah, fungsinya tidak hanya sekedar untuk bersantai, rekreasi semata. Namun unsur edukasi juga tidak dilupakan, dalam hal ini taman kota Kebumen ini menyediakan sarana pembelajaran bagi anak-anak khususnya terkait dengan upaya untuk meningkatkan kedisiplinan dan ketertiban lalu lintas. Oleh karenanya taman kota Jenderal HM Sarbini, ada yang menyebutnya dengan Taman Lalu Lintas. Yuk! Kita ke Taman HM Sarbini. (Traveller : Sigit Kurniawan).



Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.