Halloween party ideas 2015


Banyak tempat wisata di Jakarta yang bisa dikunjungi wisatawan. Obyek wisata tersebut tersebar di lima wilayah di Jakarta. Di Jakarta Pusat, dari banyak obyek wisata yang bisa dikunjungi, nama Museum Nasional tentu sudah tidak asing lagi bagi wisatawan. Museum yang populer dengan sebutan Museum Gajah ini terletak di Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Museum Gajah menawarkan wisata budaya dan sejarah yang edukatif. Koleksi yang dimiliki museum ini berupa peninggalan sejarah seperti prasasti, keramik, barang-barang perunggu, tekstil, patung, alat musik tradisional, perhiasan kuno, wayang kulit, tengkorak manusia purba, dan lain-lain dengan total koleksi lebih dari 140,000 koleksi.


Menariknya, museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara ini memiliki koleksi peninggalan dari berbagai era. Melalui peninggalan tersebut, wisatawan yang datang berkunjung juga bisa mengenal peradaban bangsa lain.

Mengunjungi Museum Gajah, wisatawan akan 'disambut' dengan Patung Bhairawa. Patung dengan tinggi 414 cm ini ditemukan di Padang Roco, Sumatra Barat dan diperkirakan berasal dari abad ke 13 dan 14. Patung ini adalah manifestasi dari Dewa Lokeswara atau Awalokiteswara, yang merupakan perwujudan Buddhisatwa (pancaran Buddha) di bumi. Patung ini berupa laki-laki yang sedang memegang cangkir tengkorak di tangan kirinya dan keris pendek dengan gaya Arab ditangan kanannya dan berdiri di atas mayat dan deretan tengkorak.

Selanjutnya, wisatawan dapat memulai penelusuran di museum ini dengan melihat koleksi kebudayaan masyarakat Indonesia dari berbagai pelosok, mulai dari alat musik, baju kuno, alat angkut tradisional, seperti perahu, patung-patung artefak, dan banyak koleksi budaya lainnya. Dan juga terdapat suatu ruang khusus berisi miniatur dan berbagai rumah adat masyarakat tradisional di Indonesia.

Setelah itu wisatawan dapat melihat koleksi keramik. Mulai dari gerabah berukuran besar sampai piring dan mangkuk dapat ditemui di sini. Jenisnya juga beragam, mulai green celadon, retak seribu, sampai keramik berwarna-warni ada di sini.

Untuk koleksi arca diletakkan di halaman tengah dari bangunan lama. Wisatawan dapat berjalan di lorong sepanjang taman innercourct sambil menikmati suguhan berbagai arca yang memukau. Tak jauh dari situ, di bagian ujung dekat pintu keluar, ada satu ruangan berisi koleksi meja dan kursi, serta lampu kuno, disamping beberapa meriam dan perabot lainnya.

Museum yang diresmikan pada tahun 1868 oleh Persatuan Kesenian dan Ilmu Pengetahuan Batavia itu, buka antara hari kerja (weekday) atau hari libur (weekend).

Untuk hari kerja Selasa-Jumat, Anda diperbolehkan berjalan-jalan pada pukul 08.00-16.00 WIB. Weekend, Sabtu dan Minggu, pengunjung bisa datang pada pukul 08.00-17.00 WIB. Namun pada hari Senin museum akan tutup begitu pula dengan hari libur nasional. Yuk..kita ke Museum Nasional.


Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.