Halloween party ideas 2015


Jika di Semarang wisatawan bisa melihat Lawang Sewu, maka di Wonosobo, Jawa Tengah wisatawan bisa melihat obyek wisata Lubang Sewu. Melengkapi destinasi wisata selain Dataran Tinggi Dieng, Telaga Warna Dieng, Curug Winong, dll, Lubang Sewu tentu bisa menjadi pilihan untuk perjalanan wisata Anda di Wonosobo.

Lubang Sewu, berada di kawasan Waduk Wadaslintang, tepatnya di Desa Erorejo, Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Dinamakan Lubang Sewu, karena di lokasi tersebut terdapat lubang-lubang yang jumlahnya sangat banyak. Lubang Sewu juga disebut-sebut menjadi penyebab adanya debit air di dekat waduk.

Dengan daya tarik bebatuan yang tersusun secara alami dan memiliki bentuk unik, membuat Lubang Sewu mampu menyedot minat wisatawan untuk berkunjung. Keindahan bentuk bebatuan inilah yang menjadi magnet utama dari Lubang Sewu.

Pesona ribuan lubang yang terbentuk secara alami di tebing batu di tepi Waduk Wadaslintang ini memang sering diklaim wisatawan memiliki keindahan yang setara dengan Grand Canyon di Colorado, Amerika Serikat. Bahkan sebagian wisatawan kombinasi batuan memiliki eksotisme yang lebih menarik, karena berpadu dengan pendar birunya warna air waduk.

Struktur tanah yang ada di tepian sekitar areal Bendungan Wadaslintang ini tak semuanya berupa tanah wadas berkapur. Jadi, hanya di areal Lubang Sewu ini sajalah yang struktur tanahnya berupa batuan kapur dan berjajar seperti terkikis air bendungan dan membentuk rekahan rekahan unik.

Menurut kepercayaan warga setempat, di lokasi tersebut jika air waduk sedang surut, sewaktu-waktu terlihat lubang yang sangat menarik. Akan tetapi, mitosnya, lubang tersebut tidak semua orang melihatnya, karena kadang hanya muncul setahun sekali bahkan beberapa tahun baru muncul dilihat banyak orang.

Selain menikmati keindahan alam bebatuan dan terpadu dalam bentangan air Waduk Wadaslintang, wisatawan bisa memanfaatkan waktu untuk memancing. Banyak ikan air tawar seperti nila merah, patin dan ikan lainnya di obyek wisata Lubang Sewu.

Suguhan menarik lainnya yang bisa dijumpai di obyek wisata Lubang Sewu adalah perbukitan hijau, rindangnya pepohonan, perahu serta kedai makanan dan minuman. Di Lubang Sewu ini juga tersedia lahan yang bagus untuk mendirikan tenda untuk Camping, atau sekedar Hammocking.

Untuk menuju ke Lubang Sewu, dari terminal Sawangan, ambil jurusan ke Wadaslintang. Sekitar 45 menit (21 km) tiba di Pasar Wadaslintang. Dari Pasar Wadaslintang ke Desa Erorejo masih menempuh jarak kurang lebih 9 kilometer dan membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Tiba di Desa Erorejo, jalan pelan-pelan, sampai menemukan petunjuk arah ke Lubang Sewu. Di pertigaan masuk lokasi wisata Lubang Sewu, ambil ke arah kanan, sekitar 3 menit tiba di lokasi. Penasaran? Yuk ke 'Grand Canyon' nya Wonosobo. (Traveller : Oman).



Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.