Halloween party ideas 2015


Saat pertama kali melihat bangunan yang terletak di Jl. ABC No.8 Banceuy, Bandung, Jawa Barat kita tentu akan menyangka bahwa itu adalah sebuah kelenteng. Namun siapa sangka jika ternyata bangunan tersebut bukan seperti yang Anda kira.

Bangunan bergaya Tiongkok itu ternyata adalah sebuah masjid yakni Masjid Al Imtijaz. Bangunan masjid ini kental bergaya arsitektur Tiongkok dengan ciri khas yang sangat nyata terlihat pada atap berbentuk lengkung. Dalam arsitektur Tiongkok, atap itu disebut atap pelana sejajar gavel. Warna kuning, emas, dan merah yang bagi etnis Tionghoa bermakna kemakmuran, mendominasi warna bangunan suci itu.

Hiasan lampion berwarna merah terlihat bergelantungan di luar dan dalam masjid. Uniknya, ada sebuah cawan warna emas berukuran besar yang menjadi tempat berwudhu. Keberadaan cawan itu semakin mengentalkan pengaruh budaya Tiongkok dalam bangunan masjid tersebut.

Hujan jelang waktu maghrib menyapa saat tiba di masjid ini. Beberapa warga tampak terlihat mendatangi Masjid Al Imtizaj untuk bersiap melaksanakan ibadah.

Bagi wisatawan yang akan menuju ke Jawa Tengah atau kota lain di Jawa Barat yang melewati Bandung tentu tidak ada salahnya jika datang ke masjid ini untuk beribadah atau sejenak melepas lelah selama perjalanan.

Pembangunan masjid berkapasitas sekitar 200 orang itu diprakarsai oleh mantan Gubernur Jawa Barat R. Nuriana dengan tujuan menyatukan komunitas-komunitas muslim Tionghoa yang banyak bermunculan di Kota Bandung, seperti Persatuan Islam Tionghoa Islam (PITI), Keluarga Persaudaraan Islam (KPI), dan Yayasan Ukhuwah Mualaf Indonesia (YUMI). Komunitas-komunitas itu kemudian disatukan dalam sebuah organisasi yang diberi Ikatan Persaudaraan Tionghoa Islam (IPTI) yang mendorong rencana pembangunan Masjid Al-Imtizaj. Keberadaan masjid itu juga untuk mewadahi para mualaf dari etnis Tionghoa.

Nama Imtizaj itu sendiri dalam bahasa Indonesia berarti pembauran, sedangkan dalam bahasa Tiongkok adalah ‘ronghe’.

Masjid Al-Imtizaj dulunya adalah gudang sebuah pusat perbelanjaan besar di Bandung yang merupakan aset Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Lokasi masjid yang berada di pusat bisnis dan perdagangan itu dinilai strategis bagi Muslim Tionghoa yang banyak berdagang di sekitar kawasan tersebut.


Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.