Halloween party ideas 2015


Di wilayah Jawa Timur banyak dijumpai masjid bersejarah. Salah satunya adalah Masjid Besar Kuno Taman Madiun Jawa Timur. Masjid berarsitektur Jawa ini dibangun pada tahun 1754 oleh Kiai Ageng Misbach.

Nuansa masa lalu masih begitu kental terpancar dari masjid ini. Terlihat dari bagian utama masjid yang memang masih asli, seperti empat tiang utama, jendela dan juga pintu masjid yang masih terjaga keasliannya. Semua terbuat dari kayu jati. Begitu pula atap masjid berbentuk joglo yang juga masih asli.

Di bagian luar masjid terdapat makam pendiri Masjid Besar Kuno Taman Madiun Jawa Timur, Kiai Ageng Misbach berikut keturunannya. Sementara di sisi kiri terdapat komplek pemakaman umum. 

Pada tahun 1996 masjid ini pernah miring hingga 50 persen dan dikhawatirkan akan roboh. Oleh karenanya dilakukanlah perbaikan.

Masjid yang bangunan utamanya terbuat dari kayu jati dengan ukuran cukup besar di Kelurahan/Kecamatan Taman, Kota Madiun semula bernama Masjid Donopuro. Baru setelah masjid kuno yang dikelilingi makam para mantan bupati Madiun ini masuk dalam daftar peninggalan cagar budaya tahun 1981 silam, maka namanya pun diganti menjadi Masjid Besar Kuno Taman Madiun.



Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.