Halloween party ideas 2015



Mengunjungi Kota Blitar, Jawa Timur belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas daerah tersebut, yakni Pecel. Ya, meski Pecel juga merupakan makanan khas beberapa daerah lain, seperti Kediri, Madiun dan Ponorogo, namun Pecel Blitar memiliki karakteristik sendiri, yakni tingkat kepedasannya yang cukup tinggi dan tekstur bumbu kacang yang masih sedikit kasar.

Untuk bisa menikmati Pecel khas Blitar, wisatawan dapat mampir ke Warung Pecel Mbok Bari yang sudah terkenal. Mbok Bari adalah salah satu penjual nasi pecel sejak tahun 1964 yang dikenal dengan Nasi Pecel BLEDHEG-nya di Blitar, karena rasa sambelnya terkenal sangat pedas sekali.

Warung Pecel Mbok Bari 6 adalah salah satu pilihan kuliner yang bisa wisatawan datangi untuk merasakan kelezatan pecel khas Blitar. Lokasinya sangat strategis, yakni di  Jalan Ir Soekarno No. 93 Blitar. Tepatnya, dari makam Bung Karno wisatawan cukup berjalan kaki dari pintu masuk makam Bung Karno ke arah utara sejauh tembok makam. Di ujung tembok makam Bung Karno sebelah utara, warung nasi pecel mbok bari ada di seberang jalan.


Tidak beda dengan nasi pecel lain, Nasi Pecel Mbok Bari juga menggunakan bahan-bahan, seperti daun pepaya, singkong, tauge, daun kenikir, dan kol yang telah direbus serta ditemani dengan rempeyek kacang dan rempeyek udang. Sedangkan bumbu kacangnya terbuat dari kacang tanah Tuban yang disangrai dan diulek bersama dengan bawang merah, kencur, cabe rawir merah, cabe merah, asem jawa, gula jawa, dan terasi goreng. Campuran antara isian dan sambal kacangnya terasa sangat nikmat dan menggoda di lidah.

Selain Nasi Pecel, wisatawan juga bisa menikmati makanan lain yang tersedia di Warung Pecel Mbok Bari, variasi lauk-pauk juga urap, botok tawon dan masih banyak lagi. Untuk wisatawan yang ingin menggunakan lauk-pauk lain, bisa mengambil sendiri. Bisa dibilang Warung Pecel Mbok Bari 6 ini adalah warung semi prasmanan. Cocok untuk wisatawan yang bingung apabila ingin merasakan kuliner khas Blitar dengan harga yang murah dan terjangkau.
 
Untuk 1 porsi nasi pecel Mbok Bari 6 Anda hanya akan mendapatkan 1 potong tempe goreng dan iwak peyek. Soal harga, jangan khawatir karena harga makanan khas ini masih dibilang terjangkau untuk kocek wisatawan.

Bagi wisatawan yang sudah merasakan lezatnya Nasi Pecel Mbok Bari 6 dan masih penasaran ingin menikmati lagi, jangan khawatir sebab wisatawan dapat memesan sambal pecel kering yang bisa wisatawan bawa sebagai oleh-oleh. (Traveller : Sigit Kurniawan).



 


Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.