Halloween party ideas 2015


Diceritakan dahulu kala ada dua orang gadis sedang mengumpulkan sayuran di lading. Tiba-tiba datanglah seekor kepiting raksasa mendekatinya. Mereka sangat takjub melihat betapa besar dan tingginya binatang itu. Lupa akan pesan orang tuanya yang mengatakan bahwa apabila sedang berada di lading kemudian melihat atau menemui sesuatu yang asing atau janggal mereka diminta cepat meninggalkan tempat dan jangan menggangu atau mengusiknya, salah seorang gadis itu justru mendekat serta diusapnya sambil keheranan, dan kagetlah mereka melihatnya.


Pada saat si gadis mengusap punggung kepiting, tanpa disadari sekonyong-konyong kepiting  lenyap dan di tempat mereka berdiri menganga sebuah lubang yang bergerak semakin lebar dan semakin dalam menyerupai sumur yang membawa kedua gadis tadi lenyap tenggelam. Jadilah sumur dengan luas 70 ha yang kemudian dinamakan telaga Menjer.

Itulah legenda dari Telaga Menjer yang terletak di Desa Maron, Kecamatan Garung atau sekitar 12 km sebelah utara Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.
Legenda tersebut seolah berlanjut, konon di dalam telaga tersebut kadang-kadang terlihat seekor ikan besar dengan ukuran yang tidak terhingga. Bahkan, beberapa orang juga menyaksikan kadang terlihat seseorang berjalan di atas telaga.

Lepas dari legenda dan cerita yang berkembang di masyarakat, Telaga Menjer merupakan salah satu obyek wisata andalan Kabupaten Wonosobo yang begitu memikat. Telaga yang memiliki luas 70 hektar ini berada di cekungan lembah di bawah Dieng dan tepinya dikelilingi pohon-pohon pinus yang rapat dengan warna airnya yang biru kehijau-hijauan memantulkan pemandangan di sekitarnya yang begitu indah.

Letaknya yang berada di bawah gunung, sudah pasti udara di sekeliling Telaga Menjer ini pun begitu segar dan sejuk. Di bagian barat telaga ada pohon besar menyatu dengan batu besar mirip sandaran dan di antara batu ada lubang seperti pintu yang ditutup tiga buah batu. Kalau batu dibuka, kita melihat mata air dalam lekukan seperti bak kurang lebih 3 m2 luasnya dan biasa disebut goa Song Kamal.

Banyak orang datang mengambil air dari sana untuk berbagai keperluan, dan sudah menjadi kepercayaan masyarakat sekitar desa bahwa apabila mereka melihat permukaan air tinggi, hal itu menjadi pertanda datangnya kemakmuran bagi rakyat desa. Sedangkan apabila permukaan air berkurang/surut, hal ini menandakan ada hal-hal yang perlu diwaspadai.

Bagi wisatawan yang gemar memancing, jangan khawatir sebab di danau yang memiliki kedalaman sampai 50 meter ini banyak hidup ikan-ikan air tawar seperti tawes, bader dan yang lainya. Sementara bagi wisatawan yang tidak mau repot, wisatawan bisa membeli ikan dari para petani ikan yang sengaja memelihara ikan di karamba-keramba air yang banyak mengapung di danau ini.

Sejuknya udara di Sekitar telaga menjadikan banyak orang yang betah berlama-lama untuk melakukan kegiatan termasuk kegiatan outbound, di sebelah atas telaga juga ada perkebunan teh yang membentang sangat luas, lokasi ini dapat digunakan untuk jalan-jalan pagi maupun sore, dan sangat mirip di puncak Jawa Barat dengan latar belakang pemandangan gunung Sindoro.

Penduduk lokal menyediakan perahu yang terbuat dari bambu untuk berkeliling telaga. Fasilitas lain, di obyek wisata ini juga tersedia warung-warung makanan untuk memanjakan lidah wisatawan.

Untuk masuk ke areal obyek wisata Telaga Menjer, wisatawan tak perlu mengeluarkan uang banyak. Harga tiket dan parkir kendaraan masih terjangkau dengan kantong atau dompet wisatawan tentunya. Taman dengan hutan pinus yang tertata rapi siap menyambut wisatawan di Telaga Menjer.

Selain melihat keindahan Telaga Menjer dengan airnya yang memancarkan kemilau tersendiri ditambah dengan suasana asri pegunungan, wisatawan ternyata juga dapat menyaksikan saat matahari terbit atau sunrise. Silver sunrise yang muncul dari Gunung Sindoro yang terlihat berdiri di atas awan,  tampak menerpa permukaan air Telaga Menjer yang tertutupi oleh kabut tipis menampilkan siluet lembah-lembah dan bukit yang masih tertutupi kabut pagi. It's very beautiful. (Traveller : Oman). 





Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.