Halloween party ideas 2015


Mengunjungi perkampungan yang terletak di pinggiran pantai tentu akan menjadi pengalaman tersendiri bagi wisatawan. Di Jakarta, perkampungan pinggir pantai bisa dijumpai di Kampung Marunda yang terletak di Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. 


Dengan suasananya yang tenang dan damai, Kampung Marunda adalah tempat wisata di Jakarta Utara yang cocok untuk menjadi pilihan wisatawan untuk berwisata menikmati suasana perkampungan nelayan dan juga indahnya pantai. Kampung Marunda adalah sebuah pemukiman nelayan dengan desiran angin pantai yang menghadirkan suasana tenang dan damai.

Di sini terdapat tambak dengan ukuran besar yang merupakan lahan pekerjaan turun temurun bagi warga Kampung Marunda. Pengunjung dapat menyewa alat pancing dan memancing di tambak ini. Selain itu pengunjung juga dapat menikmati hidangan lezat hasil dari tambak ini di beberapa warung yang terdapat di sekitar tambak.

Harga makanan dan minuman yang murah dan lezat dan tentunya terjangkau oleh wisatawan. Di Kampung Marunda, ini beragam makanan khas laut ditawarkan, seperti kerang hijau, ikan bakar, dan gorengan. Selain itu pengunjung juga bisa berkeliling kampung tersebut menggunakan kapal perahu nelayan, dan anak-anak bisa berenang di tepi laut menggunakan ban pelampung.


Selain menikmati suasanan pantai lengkap dengan kuliner khas lautnya, wisatawan juga dapat mengunjungi Masjid Al-Alam Marunda. Konon, masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Jakarta peninggalan jaman Sultan Agung saat menyerang Batavia. Dari tempat parkir, jika ke kiri menuju ke lokasi masjid maka jika lurus ke depan akan mengarah ke tepian Pantai Marunda.

Keberadaan Kampung Marunda, Jakarta Utara tidak lepas dari cerita rakyat Betawi yakni Si Pitung. Jagoan atau Jawara Betawi ini konon memiliki kesaktian yakni tidak mempan ditembus peluru. Inilah yang membuat penjajah Belanda pusing dan kewalahan menghadapi Si Pitung. Di Kampung Madura, wisatawan dapat melihat Rumah Si Pitung.

 Si Pitung merupakan tokoh yang memiliki jiwa sosial yang tinggi. Dan Rumah Si Pitung yang terletak di Jalan Kampung Marunda Pulo, Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara adalah tempat singgah terakhir Si Pitung setelah melanglang buana.
 
Wujud Rumah Si Pitung adalah rumah panggung yang dikabarkan milik mitra Si Pitung, Haji Safiudin, seorang bandar perdagangan ikan. Namun, karena Pitung sering singgah di sini maka lahirlah Rumah Si Pitung. Penasaran dengan cerita Si Pitung, Yuk! datang ke Kampung Marunda. 



Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.