Halloween party ideas 2015



Tidak hanya di Malaka, Macau, Timor Leste, Aceh dan Gorontalo yang memiliki peninggalan bangsa Portugis. Jakarta juga ternyata memiliki peninggalan Portugis. Tepatnya di wilayah Tugu, Jakarta Utara.

Kampung Tugu adalah sebuah tempat bersejarah di Jakarta Utara. Kawasan ini dibagi menjadi dua Kelurahan, yaitu Kelurahan Tugu Utara dan Tugu Selatan, yang termasuk wilayah Kecamatan Koja.

Kampung Tugu tidak dapat dipisahkan dari sejarah kota Jakarta di masa lampau. Nama Tugu sendiri berasal dari sebuah prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanegara yang diperkirakan dibuat pada abad ke-5 Masehi. Prasasti yang ditemukan di kampung Batutumbuh itu berbentuk bulat hampir menyerupai kerucut, dengan baris-baris hurufnya dituliskan melingkar, sebanyak lima baris menggunakan huruf Palawa.

Kampung Tugu mulai dikenal pada tahun 1661, yaitu saat ditempatkannya 23 orang Portugis beragama Katolik asal Benggala dan Koromandel yang bermukim di Malaka, Malaysia. Saat itu Belanda berhasil menaklukkan Malaka, menawan orang-orang Portugis dan membawa tawanannya ke kawasan Tugu. Belanda meminta para tawanan itu berpindah agama dari Katolik menjadi Kristen Protestan dan memerdekakan mereka dengan sebutan kaum Mardijker. Lima belas tahun kemudian jumlahnya meningkat menjadi 40-50 keluarga dan ditugaskan seorang guru di sana.

Kampung Tugu adalah salah satu tempat wisata sejarah yang terletak di pinggir Batavia, Jakarta Utara. Pada saat kita memasuki kawasan Kampung Tugu, yang akan anda lihat pertama kali adalah makam orang-orang Komunitas Tugu. Selain itu terdapat juga rumah tempat tinggal pendeta Gereja Tugu, lonceng kuno pemberian Belanda, dan Gereja Tugu yang aktif menyediakan tempat ibadah bagi umatnya.


Gereja Tugu sendiri dibangun pada awal dimerdekakannya kaum Portugis menjadi kaum Mardijker. Sayangnya, pada tahun 1740 gereja dan tembok dibakar oleh orang-orang Tionghoa yang memberontak. Dan pada 1744 dibangun lagi gereja baru atas biaya pejabat VOC / Belanda bernama Justinus Vinck.

Di sebelah Utara Gereja, terdapat sebuah sanggar tempat berlatih dan mementaskan pertunjukan kesenian Keroncong dan tari rakyat (folk-dance) Tugu  Salah satu kelompok musik yang disebut-sebut sebagai khasanah musik Betawi adalah Keroncong Tugu; nama kelompoknya  ”Moresko Toegoe”. Berlokasi di Kampung Tugu, Cilincing, Tanjung Priok

Kampung Tugu dapat dikatakan sebagai kampung Kristen tertua di seluruh Indonesia bagian Barat. Kampung Tugu dahulu dihuni oleh masyarakat keturunan Portugis. Namun karena perkembangan zaman, sekarang dihuni oleh masyarakat yang heterogen.

Masyarakat mengenalnya sebagai Kampung Tugu. Terletak di Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Kini lokasi kampung ini dikelilingi sejumlah bangunan industri. Letaknya hanya sekira empat kilometer arah barat laut dari Pelabuhan Tanjung Priok. Selain itu kampung ini dikenal sebagai kampung Kristen tertua di Indonesia bagian barat.

Sekadar bernostalgia, wisatawan dapat melihat untuk menyusuri jejak masa lalu di kawasan Kampung Tugu ini. Di Kampung Tugu wisatawan juga dapat menjumpai beberapa kuliner khas, seperti gado-gado tugu, dendeng tugu, dan pindang serani Tugu. Terkenal pula Keroncong Tugu (ejaan saat awal berdiri Keroncong Toegoe).


Posting Komentar

  1. Halo rekan-rekan Travelklik.com,
    Perkenalkan saya Helena Elisabet dari Karirpad.com, sebuah situs penyedia informasi lowongan kerja gratis (Online Job Portal). Kami sudah menjalin kerja sama dengan ratusan Media Online sebagai Media Partner di Seluruh Indonesia, dan saat ini saya ingin menawarkan kerja sama dengan Travelklik.com.
    Konsep kerja sama yang kami tawarkan adalah “Full Barter”, yakni penayangan widget info lowongan kerja yang ada di Karirpad.com di media partner dan sebagai kontribusinya logo dan link media partner akan tayang di homepage Karirpad.com. Apabila tertarik, dapat langsung mengkonfirmasi nomor kontak yang dapat dihubungi ke email helena@karirpad.com atau telepon/SMS/WA ke 0852 5622 9779.
    Sukses selalu untuk kita.
    – Jabat Erat –

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.