Halloween party ideas 2015


Wilayah Jakarta Utara identik dengan kawasan pantai. Jangan heran jika obyek wisata yang ditawarkan pun banyak bernuansa pantai dan laut. Seperti halnya Obyek Wisata Pelabuhan Sunda Kelapa yang terletak di Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Pelabuhan yang terletak di kawasan Kota Tua Jakarta ini memang menawarkan keindahan masa lampau. Konon, pelabuhan ini sudah ada sejak abad ke-5 dan hingga kini masih berfungsi sebagai pelabuhan dagang. Pelabuhan Sunda Kelapa juga merupakan situs bersejarah yang menjadi cikal bakal lahirnya Kota Jakarta.

Berwisata ke Pelabuhan Sunda Kelapa, wisatawan juga dapat melihat bagaimana kesibukan nelayan dengan kapal pinisinya yang membawa komoditi perdagangan hilir mudik dari berbagai daerah di Indonesia. Banyak kapal besar bersandar di tepi dermaga. Sementara di sekitar Pelabuhan Sunda Kelapa, juga banyak terdapat bangunan peninggalan sejarah dengan ciri khas masa lampau.

Pada saat matahari terbenam, Pelabuhan Sunda Kelapa sangat cocok untuk berfoto-foto. Tidak hanya itu, latar belakang kapal-kapal pinisi yang ditambatkan di dermaga dengan warna-warni dan keunikan tersendiri dari setiap model dan jenisnya menjadi pemandangan indah tersendiri untuk diabadikan lewat bidikan kamera wisatawan.

Tidak sulit untuk menjangkau Obyek Wisata Pelabuhan Sunda Kelapa. Wisatawan yang menggunakan kendaraan umum dapat naik mikrolet 015 jurusan Kota-Tanjung Priok dari Stasiun Kota, lalu turun di depan gerbang Pelabuhan Sunda Kelapa.

Pelabuhan Sunda Kelapa memang tidak lepas dari perjalanan panjang sejarah bangsa Indonesia. Konon, pelabuhan yang dikenal sebagai dermaga bongkar muat kapal dagang ini pada abad ke-12 masuk dalam wilayah Kerajaan Sunda Padjajaran. Pelabuhan Sunda Kelapa sudah dikenal dan ramai dikunjungi oleh kapal dagang dari berbagai wilayah di Nusantara, seperti Palembang, Makassar dan Malaka. Tidak hanya itu, kapal-kapal dari China, Timur Tengah dan Jepang serta India Selatan juga sudah kerap datang ke Pelabuhan Sunda Kelapa.



Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.