Halloween party ideas 2015


Sabtu malam, sekitar pukul 18.34 WIB perjalanan kami tiba di Kota Cirebon, Jawa Barat. Sengaja, kami singgah di Kota Santri ini sebelum melanjutkan perjalanan ke Kuningan. Tujuannya, tidak lain sambil berkeliling tentu urusan perut tak dapat ditunda.

Yeah, waktunya makan malam dan kami pun mencari tempat makan yang sudah diperbincangkan selama kami di perjalanan sebelum tiba di Cirebon. Pilihan jatuh pada empal gentong.

Tidak sulit rasanya untuk bisa menikmati kuliner khas Cirebon ini. Di beberapa ruas jalan utama banyak berderet kuliner empal gentong. Kami memilih untuk menuju rumah makan empal gentong H. Apud yang berada di Jln. Ir. H. juanda No. 24
Battembat Plered, Cirebon, Jawa Barat. Kawasan Battembat sendiri merupakan kawasan yang terkenal tempat asal mula empal gentong.

Perut ini sudah tak sabar ingin segera menyantap nasi empal gentong H. Apud yang memiliki banyak pelanggan. Terbukti, saat tiba hampir semua meja terisi penuh. Untungnya, masih ada meja kosong dan pas untuk kami.

Seorang pelayan wanita menghampiri, dan kami pun segera memesan untuk beberapa porsi sesuai jumlah. Ada beberapa menu empal gentong yang disediakan, seperti empal Gentong Daging Sapi, Empal Gentong Babat, Empal Gentong Usus, Empal Gentong Kikil, Empal Asem Daging Sapi, Empal Asem Babat, Empal Asem Usus dan Empal Asem Kikil.

Sesuai namanya, empal gentong merupakan kombinasi daging sapi, babat, limpa, dan jeroan sapi lainnya. Empal gentong memang mewakili ciri khas masakan Indonesia yang berkuah, gurih dan kaya bumbu yaitu soto. Bahkan, bisa dikatakan empal gentong adalah variasi lain dari soto. Ciri khas empal gentong yang membedakan dengan soto adalah cara memasaknya yang menggunakan gentong atau semacam periuk dari tanah liat.

Tidak lama, kami menunggu datangnya empal gentong. Pelayan wanita dengan cekatan membawa empal gentong lengkap dengan nasi hangat. Kami pun menambah sate kambing untuk menambah kenikmatan lezatnya empal gentong yang menjadi primadona kuliner khas Cirebon.

Soal harga per porsi empal gentong cukup bervariasi dan yang pasti masih terjangkau kantong. Jadi buat Anda yang kebetulan lewat Cirebon silahkan nikmati kelezatan dan kenikmatan empal gentong. (Traveller: Sigit Kurniawan)


Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.