Halloween party ideas 2015


Hari masih pagi, sekira pukul 10.00 WIB. Mobil yang kami kendarai akhirnya sampai di Majalengka, Jawa Barat setelah menempuh perjalanan kurang lebih tiga jam dari Jakarta.

Cuaca belum terik, ditambah semilir angin yang berhembus sejuk mengantar kami menuju kawasan Rajagaluh. Jalur yang kami tempuh cukup ekstrem memang. Kami melintasi kawasan bukit dengan jalan berkelok-kelok.

Tujuan kami adalah menuju Situ Janawi yang menjadi salah satu destinasi wisata di Majalengka. Selain jalan yang kami tempuh, untuk sampai ke obyek wisata ini jika menggunakan kendaraan umum, wisatawan dapat naik ojek atau mobil pick up. Akses jalan sudah cukup baik dan mudah dijangkau.

Situ Janawi terletak di Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Situs ini memiliki luas sekitar 1 hektar lebih.

Suasana khas alam pedesaan memang begitu terasa saat berada di Situ Janawi. Rindangnya pepohonan yang tumbuh di sekitar lokasi, juga keindahan alam perbukitan yang berada di sisi selatan Situ Janawi menambah berkesannya berkunjung ke obyek wisata ini.

Untuk bisa menikmati wisata Situ Janawi, wisatawan cukup mengeluarkan uang Rp5.000,-. Selain menikmati keindahan situ, wisatawan juga bisa menyewa perahu bebek yang disediakan pihak pengelola untuk berkeliling situ. Jembatan penghubung dan pendopo di tengah danau bisa wisatawan nikmati untuk berselfie ria. Wisatawan juga bisa menuju bukit untuk bersantai sambil menikmati desiran angin yang meniup dedaunan sambil berselfie ria dengan latar Situ Janawi tentunya.

Saat berkeliling, kami sempat mendapati adanya sekelompok bocah yang begitu riang gembira berenang di tepi situ. Mereka bebas bercanda sambil mencipratkan air ke sesama. Senda gurau dan tawa terlihat dari raut wajah mereka.

Oya, Situ Janawi ternyata juga memiliki keunikan, di antaranya adalah adanya sumber mata air yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Mata air inilah yang sebenarnya bernama Janawi. Konon berasal dari kata Janavhi atau telaga suci yang kabarnya merupakan tempat suci dari Kerajaan Rajagaluh. Mata air ini sangat jernih. Begitu jernihnya, dasar kolam di sumber air Janawi ini begitu jelas terlihat.

Wisatawan tentu akan tergoda untuk bermain atau berenang. Air di mata air Janawi ini juga bisa langsung diminum. Mau mencobanya? Yuk! berkunjung ke Situ Janawi. (Traveller: Sigit Kurniawan).








Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.