Halloween party ideas 2015


Meski masih terbilang baru, namun wisatawan yang datang ke obyek wisata di Bali ini terus mengalami peningkatan. Museum Geopark Batur, adalah tempat wisata baru di Bali. Di sini wisatawan bisa mengenal sejarah dan geopark Gunung Batur lebih dekat.

Diresmikan pada 1 April 2016, Museum Geopark terletak di Jl. Raya Penelokan, Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Museum yang berada di selatan Gunung Batur ini menyajikan informasi geopark nasional dan geopark global. Ruangan peragaan museum  berdasarkan konsep geopark  atau taman bumi, terdiri dari keanekaragaman geologi, hayati, dan budaya. Keanekaragaman geologi umumnya diisi oleh batuan produk letusan Gunung Batur Purba. Koleksi bebatuan lava itu ada yang berasal dari tahun 1849 sampai dengan tahun 2000, ada bentuk-bentuk lava nya.

Selain koleksi bebatuan lava dari letusan Gunungapi Batur Purba, ada juga koleksi tumbuh-tumbuhan, binatang serta koleksi budaya.

Di Museum Geopark Batur juga terdapat biskop mini, dimana para pengunjung dapat melihat sejarah dari Kaldera Gunung Batur.

Dari Museum Geopark Batur itu juga wisatawan dapat melihat keluar panorama indah dari Kaldera Batur.

Pada awalnya museum ini bernama Museum Gunungapi Batur. Museum ini dibangun atas kerjasama antara Direktorat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Direktorat Jenderal Geologi dan Sumber Daya Mineral, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral; dengan Bappeda Kabupaten Bangli.

Museum Gunungapi Batur ini kemudian dikembangkan untuk menjadi Museum Geopark Batur. Museum Geopark Batur mulai dibangun setelah kawasan Kaldera Batur diterima sebagai anggota jejaring geopark global UNESCO (kini UGG: UNESCO Global Geoparks) pada September 2012. Pembangunan Museum Geopark Batur dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu: Perencanaan, Juni – Agustus 2013, Pembangunan Fisik Gedung, Agustus– Desember 2013; Perencanaan Interior dan Sistem Pameran, Maret 2014 – Mei 2014, dan Pembangunan Fisik Interior, Juni 2014 – Desember 2014. Dengan telah selesainya pembangunan Museum Geopark Batur, maka Museum Gunungapi Batur melebur ke dalam Museum  Geopark Batur. Sementara itu, informasi aspek kebencanaan dan manfaat Gunungapi Batur merupakan peragaan utama keragaman geologi kegunungapian di dalam Museum Geopark Batur.


Untuk jadwal kunjungan, yaitu Senin-Kamis pukul 08.00 - 16.00 WITA, Sabtu-Minggu pukul 08.00 - 14.00 WITA. Sementara pada hari Jumat dan libur nasional, museum tutup. (Traveller: Heru R. Kurnia). 




Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.