Halloween party ideas 2015


Peran seorang tour leader dalam sebuah perjalanan wisata sangatlah penting. Sebab, di tangan merekalah sebuah perjalanan wisata akan berkesan atau justru sebaliknya. Menurut BW Rini, salah seorang tour leader kepada redaksi travelklik mengatakan, seorang tour leader selain merupakan wakil dari travel agen dia juga harus mampu mengatur sebuah perjalanan dengan baik dan profesional.

"Travel agen tentu ingin wisata yang menjadi produknya bisa memberikan kepuasan bagi wisatawan dan itu sangat bergantung dari tour leadernya. Tour leader sangat berperan penting dalam hal ini," kata Rini.

Rini menambahkan, jangan sampai seorang tour leader justru menyusahkan wisatawan. Ia harus profesional dalam mengatur sebuah perjalanan agar mereka (wisatawan) bisa puas dan senang. "Kalau tidak, tentu mereka akan kecewa karena wisata mereka tidak berkesan," ujar Rini.

Diakui Rini, memang banyak penawaran perjalanan wisata dengan harga yang tentunya menarik wisatawan. Justru, dengan adanya travel agen tentu akan berbeda. "Dengan harga tidak jauh berbeda, wisatawan tidak perlu pusing mau kemana dan menginap dimana, karena tour leader sudah mengatur itu semua," tambah Rini.

Rini menjelaskan, dibutuhkan management skill dan pengetahuan obyek wisata yang baik dari seorang tour leader. Mereka (TL) juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik agar peserta merasa nyaman sepanjang perjalan. "Mereka juga harus mampu menjaga keamanan dan privacy peserta tour," ucapnya.

Menyinggung adanya tour leader yang tidak bertanggungjawab, Rini mengatakan bahwa hal itu lebih ke personal dan bukan profesi tour leadernya. Jika terikat maka seorang tour leader tetap dituntut profesional. 


Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.