Halloween party ideas 2015


Berlibur di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat selain mengunjungi tempat wisata yang ada, jangan lupa untuk menyempatkan berwisata belanja ke sentra keramik Plered Purwakarta.

Tempat wisata ini sudah terkenal puluhan tahun lalu, yaitu kerajinan tangan dari tanah liat dengan kwalitas serta bentuknya yang bagus dan harganya dapat dijangkau oleh saku siapa pun.

Keramik Plered bisa dibeli baik dengan cara datang sendiri maupun dengan cara memesan.

Daerah Plered merupakan salah satu kecamatan yang ada di Purwakarta, tepatnya 16 km dari Kota Purwakarta, dan dapat dijangkau dari Bandung maupun dari Jakarta, baik dengan menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Para perajin keramik memajang hasil ciptaanya yaitu di toko-toko di sepanjang Jalan Raya Cianting hingga Anjun, tepatnya di Desa Anjun.

Keramik keramik yang dipajang pun sebagian besar sudah jadi dengan warna-warna yang mencolok.

Pada tahun 1980 hingga 1988 adalah kejayaan keramik Plered, dengan pembelinya kebanyakan dari luar negeri seperti Negara Balanda, Italia, Singapura, Malaysia dan Saudi Arabia, namun kejayaan itu pudar setelah dibangunnya tol Cipularang dan berimbas pada bisnis keramik Plered.

Anda dari Jakarta maupun dari Bandung akan berwisata belanja ke sentra keramik Plered dianjurkan untuk keluar dari gerbang tol Jatiluhur Purwakarta kemudian mengarah untuk ke jalur arteri sukatani, dengan jarak tempuh sekita 30 menit anda sudah sampai ditempat tujuan.

Anda harus mewaspadai kondisi jalan mengarah sentra wisata belanja ini. Selain jalanan berkelok-kelok juga terdapat tanjakan dan turunan tajam antara Ciganea hingga Sukatani.

Petugas UPTD Penelitian dan Pengembangan Keramik Plered Jujun Junaedi mengatakan,
saat ini ratusan perajin keramik lebih memilih dengan memproduksi pot bunga, karena keramik guci sudah tidak diminati lagi pembeli sehingga para perajin berlomba-lomba membuat pot bunga dengan ukuran dan jenis berbeda beda mulai harga termurah hingga harga jutaan rupiah.

Dengan berwisata belanja ke sentra keramik Plered Purwakarta, anda akan memiliki keuntungan banyak, selain dapat membeli keramik dengan harga murah, juga anda dapat datang langsung melihat produksi keramik sehingga bisa mendapatkan ilmu yang bisa ditrasferkan pada generasi berikutnya.

Libur akhir pekan merupakan waktu yang tepat untuk berwisata belanja ke sentra keramik Plered karena, pada waktu tersebut arus lalulintasnya tidak sepadat hari kerja dan tentunya dapat terhindar dari kemacetan oleh arus kendaraan yang akan menuju ke Padalarang Bandung dengan melalui jalur arteri Sukatani dan ini merupakan jalur yang sama untuk menuju kawasan sentra wisata keramik Plered.


Anda bersama keluarga bisa menghabiskan waktu di wisata keramik Plered seharian selain dapat memilih keramik yang akan dibeli, anda juga bisa berkunjung ke balai penelitian keramik untuk mengetahui lebih jauh tentang produksi dan cara memilih keramik yang bagus dengan dipandu oleh para petugasnya tanpa dipungut biaya.

Selain wisata keramik, di plered  juga bisa menikmati makanan khas purwakarta yaitu Sate Maranggi, dan ini bisa ditemukan di wisata kuliner Sate Maranggi, dengan lokasinya  tidak jauh dari sentral keramik, selain itu oleh oleh khas tradisonal plered lainya seperti tape ketan, tape singkong dan juga lainya bisa ditemukan dan dibeli di sepanjang Jl. Raya Cianting hingga daerah Anjun Plered. (Traveller: Tita Sopandi).

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.