Halloween party ideas 2015


Perjalanan wisata dalam program "Hainan Halal Tour" memang membawa kesan tersendiri bagi kami. Bagaimana tidak?, selain mengunjungi destinasi wisata yang ada di Negeri China tersebut, kami dan rombongan juga mengunjungi Masjid Selatan.

Masjid Selatan, merupakan masjid terbesar di Sanya, Hainan. Lokasinya berada di Jl. Nansi Xiang. Masjid Selatan di bangun pada tahun 2015 dengan dana swadaya penduduk Suku Hui yang tinggal di daerah ini.

Didominasi warna putih, Masjid Selatan, Sanya, Hainan memiliki tiga lantai. Lantai satu diperuntukkan untuk berwudhu dan areal parkir. Sementara lantai dua untuk imam dan jamaah pria. Untuk jamaah wanita, sudah disediakan pula tempatnya yakni di lantai tiga masjid. 

Bangunan megah Masjid Selatan juga dilengkapi dengan sajadah panjang warna hijau muda yang ukurannya lebih pendek dari ukuran sejadah di lndonesia karena berjarak +/- 30 cm. Tanpa sajadah antara shaf depan dan shaf di belakangnya. Model sajadah sepert ini memang sudah menjadi hal yang umum di masjid-masjid yang ada di China. 

Berdekatan dengan masjid, wisatawan juga bisa menjumpai mini market yang menjual produk-produk halal. Tanda halal bisa di lihat kiri atas yang berwana hijau. Selain itu juga terdapat pasar tradisional yang menjual kebutuhan halal sehari-hari.

Pemandangan lain yang bisa dijumpai di sekitar Masjid Selatan Sanya, Hainan adalah kita bisa melihat dari dekat penduduk muslim Suku Hui. Pemukiman mereka berada di sekitar Masjid Selatan. 

Suku Muslim Hui banyak bermukim di daerah Huihui dan Huixin Sanya dengan populasi sekitar 10.000 orang. Muslim Hui dikenal juga dengan sebutan Utsuls (Moslem Chams/Champa) karena nenek moyang mereka berasal dari kerajaan Champa (Vietnam).
Muslim Hui suka makan nasi dengan lauk ikan dan daging.

Bagi para Moslem Traveller lndonesia yang ingin bermalam dan berinteraksi dengan penduduk lokal bisa bermalam di beberapa hotel di daerah ini. (Traveller: Henny Dragon Lady).




Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.