Halloween party ideas 2015

Menikmati derasnya air yang jatuh dari ketinggian sambil memandang alam sekeliling yang dihiasi pepohonan membuat hati ini serasa begitu tenang. Mata ini serasa teduh melihat bulir-bulir air pecah dan menyatu dalam sebuah kolam yang begitu jernih. Di situ, tampak beberapa orang asyik berenang sambil bercanda dan bersenda gurau atau berfoto dan berselfie.

Curug Telu atau Curug Tiga, adalah tempat yang kami kunjungi. Dinamakan Curug Telu atau Curug Tiga karena memang ada tiga curug yang ada di lokasi obyek wisata yang terletak di Desa Karang Salam, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Satu curug atau bolehlah disebut curug utama, ukurannya memang cukup besar. Sementara, dua curug lainnya memiliki ukuran yang lebih kecil. Ketiganya terletak berdampingan dan menyatu di obyek wisata ini.

Untuk bisa sampai di Curug Telu memang tidaklah sulit. Kondisi jalan setapak yang sudah dibeton atau disemen dengan pembatas jalan dari tebing untuk berpegangan membuat wisatawan tidak perlu khawatir jatuh atau terpeleset. Namun, meski terlihat mudah kontur jalan setapak yang curam cukup menguras tenaga. Terlebih, saat naik setelah meninggalkan Curug Telu.

Saya pun, berkeringat saat tiba di Curug Telu. Namun, semua memang terbayar dengan pemandangan yang indah di curug tersebut. Terlebih dengan terpaan angin yang membawa bulir air menerpa wajah. Beberapa wisatawan, tampak berenang di kolam curug. Lainnya, tampak asyik mengambil gambar dengan latar Curug Telu.

Selain menikmati Curug Telu, di obyek wisata ini juga terdapat tempat untuk berlatih jumping atau terjun bebas dengan kolam air berukuran cukup luas. Wisatawan dapat terjun dari ketinggian sekitar 10 meter dan berenang saat jatuh di kolam.

Sebenarnya, saya dan beberapa kawan masih ingin berlama-lama menikmati keindahan Curug Telu. Namun, sayang waktulah yang mengingatkan kami untuk meninggalkan obyek wisata di kota yang terkenal dengan gethuk goreng tersebut. Perjalanan menapaki anak tangga saat naik memang lebih melelahkan dibanding saat turun untuk sampai ke Curug Telu.

Keringat bercucuran, nafas pun tak beraturan. Kami pun sempat beristirahat untuk mengatur nafas dan mengumpulkan tenaga sambil menikmati makanan dan minuman yang ada di warung-warung di sekitar Curug Telu.

Oh iya jika Anda ingin datang ke lokasi Curug Telu – Karangsalam – Baturraden, bisa melalui beberapa akses jalan. Kalo dari Lokawisata Baturraden bisa melewati jalan depan hotel Queen Garden turun ke selatan mungkin sekitar 1Km. Saya dan teman – teman juga lewat situ sih. Soalnya sebelumnya memang dari Curug Ceheng, Telaga Sunyi dan mampir istirahat sebentar di terminal atas.

Jika dari pusat kota Purwokerto, silahkan ikuti rute sesuai foto diatas. Dari Purwokerto ke arah Baturraden, sebelum Gerbang Mandala (Kemutug) ada pertigaan belok kanan ikuti saja jalan ini hingga bertemu pertigaan SD Kemutug Kidul belok kanan ikuti penunjuk arah ke Kotayasa / Sumbang. Lalu Anda akan bertemu pertigaan belok kiri ke arah Karangsalam. Ikuti jalan hingga bertemu pertigaan masjid / mushola. Ikuti arah Munggansari / Lok. Baturraden dan ikuti saja jalan ini hingga bertemu Gerbang Curug Telu yang di seberangnya juga ada penunjuk arah. (Traveller: Untung Wahono)