Halloween party ideas 2015


Situ Wanayasa Purwakarta Jawa Barat terkenal sejak zaman dahulu, merupakan danau alam memiliki luas skitar 7 Ha dengan udara sejuk berlatar belakang panorama Gunung Burangrang. Di tengah situ terdapat pulau dan makam salah seorang pendiri Purwakarta yaitu RA Suriawinata yang juga pernah menjadi bupati Karawang ke 9. Ia meninggal tahun 1827.

Wanayasa terkenal subur, karena daerah vulkanologi ketika Gunung Sunda meletus, dan meletusnya gunung itu pada bagian utara telah menyisakan cekungan yang disebut Situ Wanayasa.

Situ alam ini memiliki banyak sumber air, baik di area maupun didalam situ sendiri, sehingga sampai sekarang belum diketahui kedalamanya karena Situ Wanayasa belum pernah kering, dengan memiliki bentuk seperti kuali dikelilingi pohon-pohon dan bukit dengan air danau bersih alami, sehingga membuat situ nampak sangat indah.

Dulu Situ Wanayasa hanya sebuah lembah yang dijadikan persinggahan istirahat oleh para pengendara yang melewati jalur ini, namun sekarang cukup banyak wisatawan yang sengaja datang ke obyek wisata ini untuk berwisata bahkan sekedar bersantai dan duduk.

Tidak sulit untuk menemukan lokasi wisata Situ Wanayasa karena lokasinya tepat di tengah jalur Jalan Cagak dan Purwakarta.

Terletak di Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, sekitar 23 km ke arah tenggara dari Kota Purwakarta dapat dijangkau sekitar 40 menit, baik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Apabila anda berwisata di kawasan wisata Situ wanayasa tidak perlu khawatir dengan kantong anda, karena berwisata di kawasan ini tidak dipungut tiket apa pun.

Penataan oleh pemkab Purwakarta dilakukan sejak 2007 lalu dengan jalan telah dihotmik, gedung kewedanaan menjadi sarana aktifitas kebudayaan juga sarana wisata berupa guest hause.

Anda berkunjung ke situ wanayasa selain dapat memancing ikan juga tersedia fasilitas toilet, mushola serta sarana parkir sangat mudah ditemukan, selain itu hotel juga restauran sangat mudah dicari dengan tarif dapat dijangkau oleh semua lapisan.

Setelah berkunjung dari kawasan Situ Wanayasa anda juga bisa berkunjung ke sumber air panas Ciracas dan air terjun Curug Cipurut, dengan jarak sekitar 8km dari Situ Wanayasa. Tempat ini dapat digunakan untuk hiking juga camping ground.

Hari libur kawasan wisata Situ Wanayasa banyak dikunjungi oleh pengunjung lokal. Di sekeliling situ, terdapat banyak rumah makan atau tempat jajanan, sehingga
apabila anda hobi makan, dengan melakukan wisata kuliner, maka inilah tempat yang tepat untuk dikunjungi.

Apabila anda ingin membawa oleh-oleh khas Purwakarta anda tidak sulit untuk mencarinya, karena banyak para pedagang yang mejajakanya baik di toko oleh-oleh maupun di kios-kios yang ada di sekitarnya. (Traveller: Tita Sopandi)





Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.