Halloween party ideas 2015



Kota Banjarmasin yang terletak di Provinsi Kalimantan Selatan merupakan kota yang memiliki banyak sungai. Dari sungai-sungai yang kecil sampai yang besar. Tak aneh jika Banjarmasin kemudian dijuluki "Kota Seribu Sungai". Sungai-sungai di Kota Banjarmasin saling berhubungan/menyambung antara satu sungai dengan sungai yang lain. Apalagi masyarakat Banjarmasin sebagian besar masih menggunakan sungai sebagai tempat untuk aktivitas sehari-hari.

Keunikan inilah yang kemudian menjadikan Wisata Susur Sungai di Banjarmasin sangat terkenal di kalangan wisatawan. Wisata susur Sungai Martapura, Sungai Barito dan Sungai Muara Kuin, di Banjarmasin ini mungkin menjadi satu-satunya di Indonesia dan tidak ditemui di daerah-daerah lain. Selain lokasi wisatanya di sungai dengan menyusuri sungai-sungai, keunikan lainnya yakni wisatawan menyusuri sungai tersebut menggunakan perahu kelotok (perahu motor kecil).

Jadi, sambil menaiki perahu kelotok yang unik ini wisatawan bisa melihat langsung aktifitas masyarakat dan lingkungan di sekitar sungai tersebut. Menurut Rusdi, Kordinator Angkutan Sungai atau bahasa Banjar di sebut Klotok, wisata susur sungai sejak setahun ini jumlah kapal atau klotok sekarang ada 75 buah.


Wisata Susur Sungai ada hari-hari tertentu dimana masyarakat bisa menikmatinya, yakni pada hari Sabtu dan Minggu. Pada setiap akhir tahun atau jelang perayaan tahun baru wisata ini selalu dipenuhi wisatawan.

Seperti Icha, misalnya. Wisatawan lokal asal Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kota Barabai, yang sedang Wisata Susur Sungai di Dermaga Piere Tendean Banjarmasin mengaku sangat berkesan dengan wisata ini. Menurutnya karena keamanan  di sepanjang jalan di atas kapal disediakan plampung agar kamanan wisatawan terjamin. "Rasanya tenang selama perjalanan sambil menikmati keindahan di sepanjang sungai," kata Icha.

Adapun rute yang biasa dilewati oleh Wisata Susur Sungai Banjarmasin adalah, dari Jembatan Merdeka sampai ke Jembatan Pasar lama dapat melihat ke indahan kota Banjarmasin dan pasar terapung Siring Tandean (minggu pagi). Selanjutnya, Sungai Kuin, yakni melihat kehidupan masyarakat di pinggiran sungai, pepohonan yang masih alami, pasar terapung kuin (pagi hari), Masjid Sultan Suriansyah, Makam Sultan Suriansyah.

Di Sungai Barito wisatawan bisa melihat melihat Pulau Kembang, Kapal-kapal pengangkut bahan makanan maupun batubara yang berlalu lalang, Jembatan Barito. Di Sungai Alalak (Pusat Pembuatan Perahu) dan Sungai Martapura, wisatawan bisa menikmati pemandangan wisata seperti; Museum Wasaka, Pasar Terapung Lokbaintan (pagi hari), Rumah Makan Soto Banjar, Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Pasar Terapung Siring Sungai Martapura (Minggu pagi), Patung Bekantan, Menara Pandang dan masih ada lagi sungai-sungai lain yang memiliki keunikan sendiri-sendiri.

Untuk start-nya ada beberapa pilihan, bisa melewati Dermaga Siring Sungai Martapura yang berada di dekat Patung Bekantan, melewati Dermaga Balaikota Banjarmasin, dermaga di sepanjang Sungai Kuin dan Dermaga Sungai Alalak. (Traveller: Syahri Ruslan)


Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.