Halloween party ideas 2015


Semakin menjamurnya destinasi wisata yang diikuti tingginya minat para pelancong untuk berwisata, mendorong daerah-daerah untuk berbenah, dan menggali potensi serta mengedepankan inovasi dalam menuangkan ide kreatif destinasi wisata. Semua dilakukan dengan melihat gestur ekosistem yang sudah ada dengan tidak mengenyampingkan kelestarian alam yang tetap harus dijaga keberlangsungannya sebagai penyeimbang di tengah keruhnya kepedulian atas dampak eksplorasi lingkungan yang berlebihan.   

Di era seperti saat ini, bertumpuk tumpuk listing destinasi wisata yang semakin kece dengan menyuguhkan panorama alam yang meneduhkan jiwa dan memanjakan mata. Bagi kawan penikmat perjalanan yang ingin berwisata menikmati udara sejuk dengan panorama hutan mangrove yang masih asri dan terjaga, ada lokasi wisata di Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Berwisata ke tempat ini tentu sangat bermanfaat. Hal yang dapat dipetik dari menjaga kelestarian Hutan Mangrove karena tidak hanya bermanfaat untuk menanggulangi abrasi akan tetapi juga efektif untuk memecah gelombang pada saat terjadi tsunami. Manfaatnya lagi, menjaga ekosistem pada daerah pesisir pantai juga tak kalah pentingnya loh kawan, bagi sebagian kawan pasti tau dengan adanya hutan Mangrove dapat menjadi rumah bagi flora dan fauna air laut dalam beranak pinah juga bertumbuh.

Di atas lahan seluas kurang lebih 200 hektar, Hutan Mangrove Pandansari Brebes ini telah menjadi tempat berkembang biak yang apik bagi sekitar 2 juta lebih pohon mangrove atau pohon bakau yang ada di pesisir utara laut Jawa ini. Karena keelokan pemandangannya, hutan mangrove Pandansari Brebes ini termasuk salah satu tempat wisata baru yang begitu menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan dari luar daerah Kabupaten Brebes. Semua itu tidak terlepas dari pesonanya yang menyuguhkan pemandangan asri yang begitu memikat mata dengan panorama yang akan membuat anda serasa ingin berlama-lama di lokasi.

Keberadaan Hutan Mangrove Pandansari Brebes ini masih terbilang belum banyak wisatawan  yang mengetahuinya. Karena, bagi sebagian orang bila mendengar kata Brebes akan terbesit dengan jalur pantura yang membosankan dan hanya buah tangan yang cukup populer yakni telor asin. Destinasi wisata mangrove Pandansarai berlokasi tepat berada di Desa Kaliwlingi, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Jarak yang ditempuh hanya kurang lebih 10 kilometer dari Kota Brebes. Pandansari merupakan pedukuhan di daerah pesisir utara masuk Desa Kaliwlingi, Kecamatan Brebes. Untuk menuju hutan mangrove Desa Kaliwlingi, kawan bisa menyusuri jalan Desa Sawojajar, Kecamatan Wanasari, Brebes, dengan menggunakan kendaraan pribadi. Dari Desa Sawojajar, kemudian belok ke kanan atau ke arah timur. Sudah ada penunjuk jalan lengkap pastinya dari situ, atau bisa bertanya.

Oh iya, satu lagi yang menarik selain melihat rimbunnya pohon mangrove, pengunjung juga bisa bersandar ke Pulau Pasir, yang luasnya tak kurang lebih dari 10 hektar dan masih termasuk di sekitar lokasi mangrove.

Sebagai upaya guna menarik perhatian wisatawan yang hendak berkunjung ke Hutan Mangrove Pandansari ini, warga berinovasi dengan menciptakan jalur tracking atau tempat berjalan untuk para pengunjung yang hendak menyusuri dan menikmati rimbunnya pohon bakau bagaikan lorong hutan nan asri, tak hanya itu di lokasi hutan Mangrove juga dapat dijadikan lokasi berfoto yang asik, apalagi buat foto prewed juga menarik lho..

Hutan mangrove yang ada di Brebes ini sangat rekomended banget jika dijadikan tempat tujuan wisata. Apabila dilihat dari kacamata aspek biologisnya, hutan mangrove bisa menjadi rumah tempat tinggal bagi habitat satwa liar. Misalnya seperti burung, reptil liar, amphibi, kerang dara, udang, dan ikan, jadi dapat memiliki dampak positif bagi aspek sosial dan ekonomi. Tambahannya lagi pengunjung yang hobi olah raga memancing, lokasi ini juga dianggap menjadi tempat favorit untuk melepas kepenatan disela sela kesibukan yang membelenggu. pengunjung dapat menyalurkan hobynya itu di atas perahu yang bisa disewakan disekitar lokasi oleh para warga.

Selain pesona hutan mangrove ada pula Pulau Pasir yang patut juga untuk dikunjungi di sana, dengan menggunakan fasilitas perahu bermesin diesel akan mengantarkan para pengunjung untuk dapat menikmati dua pemandangan sekaligus. Tak lain dan tak ada bukan hutan mangrove dan Pulau Pasir seakan menunggu untuk disinggahi. Pada sepanjang pantai, tampak juga burung camar serta bangau, terbang kesana kemari di atas rimbunnya hutan mangrove, seperti sudah akrab dengan kehadiran pengunjung, burung burung itu tampak mematuk ikan yang sedang berenang renang. Tak hanya pemandangan itu, anda juga bisa melihat tambak warga yang sudah terkena abrasi.

Sesaat perahu tiba dan bersandar di Pulau Pasir, sejauh mata memandang kearah garis pantai Laut Jawa tampak dengan riak airnya yang biru seakan mengosongkan pikiran sejenak, adapula kapal nelayan juga terlihat hilir mudik di tepian pantai. ketika memandang pada sebelah barat, selatan, dan timur, tampak hamparan tambak warga dan rerimbunan hutan mangrove berjejer bagaikan benteng pertahanan yang kokoh. Sungguh pemandangan yang Apik Tenan, seolah olah bisa menghipnotis kita sebagai pengunjung, yang mencari kenyamanan dan ketenangan. karena banyak pepohonan, otomatis Udaranya sejuk sehingga akan membuat para pengunjung betah untuk berlama lama di tempat ini.

Kalau begitu, tunggu apalagi segeralah siapkan ransel atau koper anda, ajak keluarga atau sahabat ya. Mungkin saja liburan akhir tahun bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengunjungi destinasi wisata yang terbilang baru di Brebes Jawa Tengah ini. (Traveller: Rangga Darma).



Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.