Halloween party ideas 2015



Selain dodol yang menjadi oleh-oleh khas Kota Garut, Jawa Barat, wisatawan juga bisa membawa buah tangan produk kerajinan berbahan kulit. Ya, Kota Garut memang terkenal dengan kerajinan kulit. Beragam produk berbahan dasar kulit banyak bertebaran di kota ini.

Salah satu lokasi sentra industri kerajinan kulit yang bisa dijumpai saat berwisata di Kota Garut adalah di kawasan Sukaregang, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut. Sukaregang merupakan salah satu sentra pembuat produk olahan kulit terbaik di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya bahan baku kulit asal Sukaregang yang dikirim ke luar kota seperti Medan, Jakarta dan Bali. Tidak hanya itu, produk para perajin Sukaregang juga sudah tersebar hingga ke mancanegara seperti Korea, Hongkong, dan Jepang.

Konon, sebelum seramai dan setenar sekarang, dulunya pada sekitar tahun 70-an, kawasan Sukaregang  hanya dihuni oleh beberapa perajin kulit. Namun, karena kualitas dan harga yang terjangkau, masyarakat pun memilih produk yang dihasilkan para perajin yang berada di Jalan Gagak Lumayang ini. Hal tersebut berimbas dengan semakin banyaknya perajin yang membuka kios dan toko di area Sukaregang.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke kawasan sentra industri kulit Sukaregang, wisatawan akan melihat toko-toko yang berjejer menjual produk berbahan kulit. Masuklah ke dalam toko, maka wisatawan bisa melihat aneka barang dari kulit yang dijual, seperti jaket, tas, sepatu, dompet, ikat pinggang, aksesoris, dll. Aneka produk memang 100 persen kulit asli.

Soal harga tergantung jenis barang, ketebalan dan modelnya dan yang pasti juga kemampuan menawar. Sebut saja untuk jaket harganya ada yang bisa mencapai Rp1,4 juta sebagai harga pembuka atau belum ditawar.

Di kawasan Sukaregang, wisatawan tidak perlu khawatir mendapatkan barang aspal alias asli tapi palsu (imitasi), karena toko-toko di Sukaregang sebagian besar menjajakan barang dari kulit asli, seperti kulit domba garut, kerbau, dan sapi. Meski demikian, bukan berarti ada yang KW karena barang tiruan pun memang ada. Yang penting wisatawan banyak bertanya dan belajarlah terlebih dahulu untuk membedakan barang berbahan kulit atau bukan.

Yang lucunya, jika wisatawan yang semula mungkin kesulitan mendapatkan barang kulit asli, namun di Sukaregang, justru kesulitan menentukan pilihan karena barieukeun alias bingung saking banyaknya barang bagus berbahan kulit asli.

Terletak di daerah perkotaan membuat area Sukaregang sangat mudah dijangkau. Bagi wisatawan yang berasal dari Jakarta atau Bandung bisa melalui Tol Purbaleunyi dan keluar dari pintu Tol Cileunyi. Lanjut melalui Nagreg dan di jalan cagak mengambil jalur ke arah Garut. Sampai di Garut Kota, susuri Jalan Guntur Garut. Nah, Sukaregang berada sekitar perempatan Jl. Guntur dan Jl. Ahmad Yani Garut.

Bagi wisatawan yang menggunakan angkutan umum, naik bus menuju Garut dan turun di Terminal Guntur Garut. Dari sini naik angkutan kota rute Terminal Guntur-Sukaregang. Yuk, wisata belanja. (Traveller: Sigit Kurniawan)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.