Halloween party ideas 2015

(Foto: www.batakgaul.com)

Tahukah anda tentang tradisi yang satu ini, pesta Bona Taon namanya. Tradisi yang dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai awal tahun tersebut merupakan salah satu tradisi yang dimiliki masyarakat Batak.


Bona Taon merupakan pengadopsian tradisi Mangase Taon hanya saja Bona Taon tidak mengandung ritual dan mistis. Sebagai rasa syukur pergantian tahun dan untuk memperkuat kelompok marga, tradisi ini rencananya akan digelar pada pada 18 Februari mendatang di Tiara Convention Center.


Hal tersebut terungkap saat Pungutan Raja Panjaitan Dohot Boruna (PRPB) Kota Medan melakukan audiensi dengan Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSI pada Jumat (9/2) di Kantor Walikota Medan, Jl. Kapten Maulana Lubis Medan.


Selain silaturahmi Kunjungan PRPB tersebut bertujuan untuk mengundang Walikota dalam acara yang dimaksud.


Disampaikan oleh Ketua panita Pesta Bona Taon, Herbet Panjaitan yang hadir bersama Dr Suryadi Panjaitan So.PD yang juga Direktur Utama rumah Sakit Dr Pirngadi berharap Walikota dapat hadir dalam acara tersebut, sebab diperkirakan acara akan dihadiri ribuan orang yang tergabung dalam PRPB.


"Akan ada ribuan orang yang hadir. Kami berharap Wali Kota Medan dapat hadir juga," harap Herbet.


Memang, pesta Bona Taon ini sangat menarik. Sesuai tradisi, akan ada berbagai prosesi yang akan dilakukan. Selerti rapat marga yang dihadiri boru dan bere atau garis perempuan dan keturunan yang mengemban marga suami hingga melakukan manortor.


Tentu saja Walikota Medan mendukung kegiatan tersebut.  Kepada Kontributor Elshinta, Prasetiyo, Dzulmi Eldin mengatakan selain menarik, Bona Taon juga merupakan satu dari beragam budaya yang dimiliki Sumatera Utara Khususnya Kota Medan.


"Kami mendukung. Ini bagus sekali. Budaya ya memang harus dilestarikan jangan samalai hilang," dukung Dzulmi Eldin didampingi Asisten Pemerintahan, Drs. Musaddad Nasution dan Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Hanna Lore Simanjuntak. (Reporter: Prasetyo).

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.