Halloween party ideas 2015


Suku  Batak sejak lama dikenal telah dianugerahi kearifan lokal yang bernama Dalihan Natolu. Sebuah tradisi yang mengajarkan tentang adat yang harus dijaga dalam silsilah keturunan atau tarombo marga Batak. Salah satu diantaranya marga panjaitan.


Pesta Bona Taon (awal tahun) yang digelar pada Minggu (18/2) siang di Tiara Convention Centre Jl. Cut Mutia Medan menjadi satu cara dalam melestarikan tradisi tersebut.


Acara cukup berlangsung meriah. Selain kangen-kangen dari ribuan marga Panjaitan yang hadir pada acara itu, Manortor juga menjadi bagian yang tidak ketinggalan untuk memeriahkan kegiatan tersebut. Tor-tor merupakan acara puncak sebagai simbolis saling memaafkan.


Dalam manortor, ada tiga kekerabatan masyarakat Batak dalam Dalihan Na Tolu yakni Hula Hula (keluarga pihak isteri), Dongan Tubu (teman atau saudara semarga) dan Boru (saudara perempuan baik pihak marga suami atau pihak ayah) yang saling menghampiri sembari menggerak-gerakkan tangan mengikuti irama alunan Gondang Batak.


Dalam sebuah momen, Wali Kota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin S, M.Si yang hadir dalam acara tersebut pun dipakaikan ulos sebagai tanda tamu kehormatan atas kedatangannya dan turut mendukung terselenggaranya tradisi asli Sumatera Utara tersebut.


Wali Kota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin S, M.Si menyampaikan bahwa Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan Dohot Boruna merupakan perwujudan rasa syukur kepada Tuhan sebab seluruh keturunan Raja Panjaitan dimanapun berada dengan berbeda profesi dan status sosial merupakan salah satu marga yang cukup di kenal di nusantara ini.


Sebagai orang nomor satu di Kota Medan, Dzulmi Eldin juga mengajak semua marga panjaitan menjadikan  ajang pesta Bona Taon ini sebagai kesempatan untuk berkumpul dan saling melepas rindu sekaligus membangun silaturrahmi untuk mempererat hubungan satu yang lebih ke depan.


"Saya mengajak semua marga Pandjaitan menjadi ajang silaturahmi untuk mempererat silaturahmi marga Pandjaitan," imbau Dzulmi Eldin.


Sebelumnya, ketua panitia Herbert Panjaitan mengucapkan terima ksihnya atas kehadiran Walikota pada acara Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan Dohot Boruna.


"Terimakasih kepada Wali Kota Medan, Bapak Dzulmi Eldin yang telah hadir dalam acara pesta Bona Taon ini," sampai Herbet.


Selain Wali Kota Medan, tampak hadir pada acara Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan seperti Ketua Komisi 3 DPRI  Tri Media Panjaitan, Bupati Humbahas Dorman Banjarnaho, anggota DPRD Medan Boydo Panjaitan, Dirut RS Pirngadi Suryadi Panjaitan, Ketua Umum Pungian Raja Panjaitan dohot boruna Pandapaton Panjaitan serta seluruh pengurus dan anggota. (Reporter: Prasetyo)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.