Halloween party ideas 2015


Selain menikmati keindahan alam, berwisata ke Kawasan Wisata Gunung Salah Endah belum lengkap rasanya jika tidak mampir ke Curug Cigamea. Memang, banyak curug tersebar di kawasan wisata ini dan wisatawan pun kerap melakukan `perburuan` curug-curug yang ada.

Pilihan untuk mengunjungi Curug Cigamea sudahlah tepat. Sebab, selain menawarkan keindahan, panorama alam yang indah, curug ini juga menyimpan cerita misteri yang kerap menjadi perbincangan.

Curug Cigamea atau juga dikenal dengan Curug Kembar terletak di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Cigamea sendiri memiliki arti bergemuruh. Ini tentunya mengarah pada gemuruh suara air yang datang dari Curug Cigamea meski dari arah yang cukup jauh dari lokasi.

Untuk bisa sampai ke tempat wisata ini, selain kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat. Jika menggunakan kendaraan umum, wisatawan bisa menuju Curug Cigamea dengan memulainya dari stasiun KA Bogor. Anda naik angkot 03 ke arah Terminal Cibubulak. Setelah itu, naik angkot 05 ke arah Leuwiliang. Anda bisa turun di pertigaan Cibatok, lalu naik angkot 59 hingga tiba di titik terakhir. Lanjutkan perjalanan anda dengan naik ojek ke pintu masuk objek wisata Curug Cigamea. Tak butuh waktu lama, anda akan tiba di kawasan wisata Curug Cigamea ini.

Untuk bisa melihat Curug Cigamea, wisatawan terlebih dahulu harus membayar tiket masuk sekitar Rp10,000/orang. Selanjutnya, wisatawan akan dimanjakan dengan akses jalan yang cukup bagus dengan deretan anak tangga yang panjang mengular. Beberapa kontur jalan memang menurun meski tidak terlalu curam. Namun, akan terasa saat meninggalkan curug.

Kondisi jalan juga cukup lebar, jadi wisatawan bisa dengan santai melintas sambil menikmati panorama alam sekeliling sebelum tiba di Curug Cigamea. Dan jika kita datang bersama teman atau keluarga, sambil bercengkrama, sepanjang perjalanan wisatawan pun bisa berfoto atau berselfie ria dengan latar pepohonan dan air sungai yang mengalir deras.

Sebelum tiba di curug, wisatawan juga harus berhati-hati sebab di kawasan ini banyak kawanan monyet yang kadang bisa saja menjahili wisatawan. Mereka bisa mengambil barang yang mereka fikir menarik dan membawanya pergi. Jadi, wisatawan tetap harus berhati-hati.

Tiba di area Curug Cigamea, wisatawan akan disambut gemuruh air dari dua curug yang ada di lokasi ini. Suara air yang bergemuruh dan bergema inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari Curug Cigamea. Curug pertama letaknya agak naik dan yang kedua agak ke bawah posisinya.

Air terjun atau curug pertama berada di tebing yang cukup curam, sehingga wisatawan perlu melakukan pendakian untuk mencapainya. Di curug ini ternyata justru menjadi spot terbaik bagi wisatawan yang ingin berfoto. Banyak wisatawan yang berselfie ria di area ini baik dengan latar air terjun atau berbasah-basah ria di bawah hantaman air terjun yang mengalir deras.

Air terjun kedua lumayan landai, sehingga menjadi tempat nyaman untuk bermain air, basah-basahan atau berenang. Jarak kedua air terjun ini dekat hanya sekitar 20-30 meter saja. Kedua air terjun di Curug Cigamea ini memang memiliki ketinggian yang berbeda dan letaknya pun tidak bersebelahan.


Usai berfoto atau berbasah-basah ria, wisatawan bisa duduk-duduk sejenak di warung-warung yang ada di sekitar lokasi, sambil menikmati makanan dan minuman sebelum berganti baju di toilet. Minuman dan makanan hangat menjadi hidangan lezat bagi wisatawan yang kedinginan setelah berenang atau berbasah-basah di bawah terpaan air Curug Cigamea.


Misteri Dibalik Curug Cigamea

Dibalik eksotisme yang dimiliki Curug Cigamea, ternyata menyimpan cerita misteri yang sudah menjadi buah bibir di kalangan warga sekitar. Ada beberapa cerita misteri seputar Curug Cigamea ini, seperti misteri tumbal nyawa manusia setiap tahun. Bentuk tumbal bisa berupa kejadian atau langsung membawa orang sebagai tumbal.

Cerita mistis lain di Curug Cigamea yaitu adanya sebuah kerajaan kera yang konon sering menjadi tujuan peziarah untuk mendapatkan `pesugihan`. Para peziarah melakukan ritual tertentu. Kera-kera yang berkeliaran di kerajaan kera ini konon dipercaya sebagai perantara dari ritual peziarah.

Lepas dari cerita mistis yang ada, yang pasti pesona keindahan dan eksotisme Curug Cigamea memang memberi kesan tersendiri bagi wisatawan yang datang. Dan jika wisatawan ingin menginap di Kawasan Wisata Gunung Salah Endah, wisatawan tak perlu khawatir, karena banyak villa bertebaran di kawasan ini. Harganya pun bervariasi. Dan yang pasti, wisatawan juga bisa mengunjungi curug lain yang lokasinya berdekatan dengan Curug Cigamea, seperti Curug Cimudal, Curug Seribu, Curug Ngumpet atau Curug Kondang dan curug lainnya. Curug-curug tersebut juga tak kalah menarik dan menawarkan sejuta keindahan dan pesona. Jadi, melepas penat dari rutinitas, Yuk...ke Kawasan Wisata Gunung Salah Endah aja....!(Traveller: Sigit Kurniawan)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.