Halloween party ideas 2015


Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) memiliki banyak sekali potensi obyek wisata, keindahan kekayaan alam untuk dijadikan obyek pariwisata di daerah ini nyaris komplit.

Mulai dari obyek wisata Pantai, Danau, Gua, Air Terjun, Pulau disamping obyek wisata religi dan agrowisata semua tersedia. Sayangnya hingga tahun 2018 potensi obyek tersebut belum dapat diarahkan sebagai sebuah industri pariwisata yang terarah dan melibatkan partisipasi masyarakat dan pengusaha.

Dalam catatan Dinas Pariwisata setempat, ada sebanyak 31 potensi obyek wisata yang berhasil dihimpun selama ini.Jumlah tersebut tersebar di 8 Kecamatan yang ada, baik obyek pantai, gua, air terjun ditambah 8 pulau kecil.

Dari jumlah yang terbilang cukup banyak tersebut, belum ada satu pun yang memiliki fasilitas memadai, publik dan sejumlah praktisi pariwisata di daerah ini berharap, Pemerintah setempat lebih fokus mengembangkan obyek pariwisata secara bertahap, dan mengembangkan satu persatu dengan fasilitas memadai sehingga layak dijual.

“Ini potensi banyak tapi tidak tahu harus memulai dari mana, cari investor sana sini tapi hasilnya nol besar, sudah lah pemerintah fokus saja bangun satu persatu secara total dengan fasilitas yang memadai, dengan perencanaan yang matang nanti investor datang sendiri, daerah harus bisa membuat daya tarik dulu sebagai pancingan, dan melibatkan partisipasi masyarakat,” ketus salah satu pemerhati dunia pariwisata yang enggan namanya diberitakan.

Menjawab hal ini, Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Pariwisata Dinas Pariwisata Sumbawa Barat, Roy Marhandra, S.E menyatakan jika dalam tahun 2018 ini, pemerintah KSB akan memprioritaskan mengembangkan 3 obyek wisata dari sejumlah obyek yang ada.

Ketiga obyek tersebut yakni, Pantai Kertasari, Desa Mantar dan obyek wisata di Sekongkang.

“Untuk Desa Mantar akan dibangun homestay,penataan take off, jalan setapak, kios cinderamata dan penataan taman, sedangkan di Pantai Kertasari akan dibangun jalans setapak dan kios cinderamata dan sejumlah penunjang lainnya,” terang Roy.

Sementara untuk Sekongkang dikatakan Roy, obyek wisata dan fasilitasnya sudah tersedia dan mandiri seperti Pantai Yoyo, Lawar dan Pesin.

“Untuk Sekongkang kita tinggal Coneckan saja dengan regulasi ditambah promosi,”pungkas Roy Marhandra.(Sumber: www.kabarmediacitra.com)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.