Halloween party ideas 2015


Setelah mencanangkan 5 Pasti Umroh yaitu pasti travelnya, pasti izinnya, pasti hotelnya, pasti visanya dan pasti penerbangannya serta pasti programnya, namun pemerintah perlu menambah 1 Pasti, yaitu pasti pembimbingnya yang kompeten. Ini menyusul beberapa kasus yang sempat viral dan ramai diperbincangkan, seperti  pembimbing yang menuntun jamaahnya untuk mengucapkan teks Pancasila di sela-sela doa saat Sai dan aksi jamaah umrah yang melantunkan syair Ya Lal Wathan belum lama ini.

Demikian disampaikan pembimbing ibadah umrah Ustadz Tommy Eka Purnama saat menjadi pembicara dalam Diskusi Publik yang mengangkat tema Haji dan Umrah yang Baik dan Benar Sesuai Syariat, Jumat (2/3) seperti dalam rilis yang diterima redaksi travelklik.com, Senin (5/3).

Menurut Tommy, sebagai pembimbing di lapangan, kadang memang hal-hal seperti ini tidak saja datang dari diri pembimbingnya, tapi karena kemauan jamaah. Misalnya ada saja ulah jamaah yang mengusulkan agar rombongannya tampil beda, mereka minta baca doanya dengan suara keras, ada juga yang mencoba melantunkan doa-doa saat thawaf maupun sai dalam nada lain.

“Semua itu bergantung pada pembimbing ibadahnya, apakah dia kuat atau mengikuti arus keinginan tersebut,” katanya.

Tommy mengatakan, dengan kejadian ini, sebagai pembimbing tentu tanggung jawabnya bukan sekedar saat di manasik maupun di lapangan sana, tapi di akhirat kelak. Jadi, sebaiknya pemerintah perlu menambah 1 pasti, yakni pasti pembimbingnya. "Pembimbingnya harus kompeten," tegasnya.

Selai ustadz Tommy, dalam Diskusi Publik bertajuk Haji dan Umrah yang Baik dan Benar Sesuai Syariat yang merupakan bagian dari program Gerakan Selamatkan Penyelenggaraan Haji dan Umrah ini menghadirkan pembicara Direktur Pembinaan Umrah dan Haji Khusus, Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama, Arfi Hatim, Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Haji, Umrah dan inbound Indonesia (Asphurindo), Syam Resfiadi dan Presiden Indonesia Saudi Arabia Business Council (ISABC) Muhammad Hasan Gaido. 

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.