Halloween party ideas 2015


Berwisata ke kawasan Baturraden, Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, wisatawan memang banyak disuguhkan dengan keindahan alam yang ada. Sebut saja salah satunya, Kebun Raya Baturraden yang terletak di Desa Kemutug Lor, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Lokasi Kebun Raya Baturraden berbatasan dengan Lokawisata Baturraden dan Bumi Perkemahan Baturraden. Pembangunannya dirintis sejak tahun 2001. Kebun Raya ini merupakan wujud buah inspirasi Ibu Megawati Soekarnoputri yang menjabat sebagai wakil Presiden Republik Indonesia kala itu yang dicetuskan pada penutupan Jambore Nasional tahun 2000 di Baturraden, Jawa Tengah.

Pada 19 Desember 2015, Kebun Raya Baturaden resmi di-launching secara resmi oleh Yayasan Kebun Raya Indonesia Megawati Soekarno Putri. Luas keseluruhan Kebun Raya Baturraden mencapai 143,5 ha dan terletak di kawasan Wana Wisata Perum Perhutani.

Kebun Raya Baturaden mengusung tema “Tanaman Pegunungan Jawa.” Kebun raya dengan luas mencapai 143,5 hektar ini berlokasi di lereng selatan Gunung Slamet dengan ketinggian antara 600-700 meter dpl. Suhu udaranya sejuk (berkisar antara 20-30 derajat Celcius) dengan curah hujan antara 5.000-6.174 mm/tahun dan tanah yang berjenis latosol berwarna merah kecoklatan.

Di dalam Kebun Raya Baturaden telah dibangun beberapa spot tanaman. Beberapa diantaranya adalah Taman Liana (tumbuhan merambat), Medical Garden (Taman Tanaman Obat), Taman Tumbuhan Paku, dan beberapa hamparan bunga (flower bed). Spot-spot ini pun akan terus ditambah sesuai dengan tematik ‘flora of java‘.

Tempat wisata baru ini memiliki flora khas pegunungan di Jawa dengan total koleksi 2.637 spesimen tanaman. Terdiri atas 571 spesies, 394 marga dan 196 suku.

Selain koleksi tanaman, Kebun Raya Baturaden juga telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung. Fasilitas tersebut seperti gapura pintu gerbang, rumah kaca, rumah kompos, rumah anggrek, rumah pohon, tempat pembibitan, gazebo, rumah dinas, kantor pengelola, wahana permainan keluarga, dan area parkir.

Bagi yang belum pernah ke Baturraden, tempat wisata ini bisa ditemui dengan berkendara dari kota Purwokerto ke arah utara menuju Baturraden sejauh kurang lebih 15 kilometer. Selanjutnya setelah melewati terminal bus di komplek Lokawisata Baturraden lalu ambil kanan ke arah Bumi Perkemahan. Kurang lebih 1 kilometer setelahnya akan bertemu dengan Gerbang Wana Wisata (gerbang bumi perkemahan) kemudian masuk melewati jalan berkelok khas lereng gunung berjarak sekitar 700 meter arah utara sampai menemukan Gerbang Kebun Raya Baturraden.


Jalan masuk ke lokasi sudah beraspal bagus. Namun setelah masuk gerbang Wana Wisata, kondisi jalannya cukup sempit karena hanya sekitar 3,5 meter lebarnya sehingga perlu hati-hati jika menggunakan kendaran roda empat atau lebih. Terlebih karena letaknya di lereng gunung (Gunung Slamet) sehingga di kanan kiri terdapat jurang yang cukup menghawatirkan saat berkendaraan.

Walaupun terbilang baru namun antusias masyarakat akan objek wisata ini sangat bagus, terbukti dengan banyaknya pengunjung yang datang tidak hanya dari masyarakat sekitar saja namun banyak pengunjung yang datang dari berbagai kota di Jawa Tengah dan sekitarnya. Untuk tiket masuk, berkisar antara Rp 10,000 hingga Rp 25,000. Sementara waktu buka Kebun Raya Baturraden setiap hari Senin hingga Jumat pukul 08.00 - 16.00 WIB. (Traveller: Sigit Kurniawan)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.