Halloween party ideas 2015


Ribuan masyarakat Desa Senden, Jeruk dan Batang, Se-Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah tumpah ruah merayakan syukuran kenduri panen tembakau. Pertanian tembakau adalah mata pencaharian utama masyarakat di kabupaten ini.

Mengungkap rasa syukur tersebut, warga tiga desa yang berada di lembah dua gunung sakral, Merapi dan Merbabu ini, melakukan ritual Kirab Gunungan yang dikemas dalam Festival Tungguk Tembakau yang berarti panen tembakau yang berlangsung pada 2 Agustus 2018.

Kenduri kirab gunungan berlangsung sepekan ini mempersembahkan hasil tanam tembakau dan buah-buahan serta sayuran yang oleh para petani diarak dari makam sepuh Gunung Sahari di Dukuh Gunung Sahari, Desa Senden. Sebelumnya, sudah diinapkan semalaman. Gunung Sahari ialah tokoh pembuka atau pendiri kawasan di kawasan ini.

“Gunungan pertama berisi tembakau, sedangkan gunungan kedua berisi hasil bumi berupa sayur mayur mulai dari wartel, labu, sawi, brokoli, kacang panjang dan masih banyak jenis lainnya. Warga juga membawa tumpeng nasi kuning yang sebelumnya telah didoakan di makam Gunung Sahari, oleh para tokoh adat dan tua-tua desa,” ujar Sekretaris Desa Senden Haryanto.

Pada acara kirab ini, warga setempat memiliki kepercayaan nasi tumpeng yang telah didoakan di makan Gunung Sahari akan menambah rejeki dan hasil panen yang melimpah sehingga diperebutkan. Juga, pelbagai penampilan kesenian jawa. (Reporter: Hendrik Raseukiy).

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.