Halloween party ideas 2015


Ribuan  masyarakat Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan tumpah ruah di pinggir jalan protokol Kota Banjarmasin. Mereka melihat peserta karnaval pesona budaya Borneo dalam gelar Festival Pesona Budaya Borneo ke-2 di Banjarmasin, Kalsel pada Minggu (12/8). Karnaval dimulai dan Finis  di depan Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin.     

Karnaval diikuti hampir seluruh perwakilan masyarakat suku Dayak dan gubernur atau yang mewakili di lima provinsi di Pulau Kalimantan juga dihadiri sebelas duta besar negara sahabat, yaitu Rusia, Iran, Yaman, Kroasia, Belarusia, Pakistan, Kazakastan, Peru, Meksiko, Panama dan Vanezeuela.
       
Acara yang dipusatkan di halaman Gedung Mahligai Pancasila yang berdekatan dengan wilayah Car Free Day atau di Jalan Jendral Sudirman, Jalan R Soeprapto dan Jalan AS Musaffa yang mengelilingi masjid raya tengah kota Banjarmasin tersebut sangat menarik perhatian.
     
Acara pawai karnaval ini beragam pakaian adat Dayak ditampilkan, dan musik musik tradisional  bahkan masyarakat suku Dayak pedalaman juga hadir, tidak hanya tampilan busana suku Dayak,  kreasi tarian atraksi lempar api juga ditampilkan di Karnaval Budaya pada Festival Pesona Borneo ke 2 di Banjarmasin Kalimantan Selatan ini.
     
Salah seorang warga Banjarmasin Santa mengaku takjub dengan pemandangan budaya Borneo dari tampilan karnaval ini. Sebab, katanya pemandangan ini sudah mulai langka. Ia pun berharap agar kegiatan ini perlu dilestarikan. 
     
"Ini pemandangan yang langka, gambaran seluruh suku Dayak dari berbagai provinsi hadir di sini," ujarnya.

"Ini lah kekayaan suku bangsa kita, sangat unik dan mengesankan," tuturnya.
     
Dalam rangkaian hari kedua gelar Festival Pesona Budaya Borneo ke-2 di Banjarmasin ini, selain gelar karnaval budaya, digelar pula lomba permainan rakyat suku Dayak, yakni, Balogo dan Bagading.
     
Adapula, lomba pahat perisai, lomba lukis di atas perisai dan lomba sumpit, yakni, senjata khas suku Dayak dalam berburu. Selain itu digelar pula lomba tari kreasi khas dari suku Dayak.
     
Sebelumnya, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengharapkan, gelar Festival Pesona Budaya Borneo ke-2 yang akan berlangsung dari 11-15 Agustus 2018 ini akan menjadi ajang silaturrahmi bagi masyarakat asli penduduk di tanah Borneo ini. (Reporter: Syahri Ruslan).

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.