Halloween party ideas 2015



Pasar Terapung menjadi tempat wisata yang terkenal di Provinsi Kalimantan Selatan, tempat wisata ini memang sudah ada sejak zaman kerajaan Banjar, namun mulai banyak dikenal masyarakat Indonesia beberapa tahun lalu melalui iklan televisi swasta, saat seorang sedang di atas perahu klotok.

Di Provinsi Kalimantan Selatan sendiri ada 3 Pasar terapung, yakni Pasar Terapung Kuin, Pasar Terapung Lokba Intan dan terbaru adalah Pasar Terapung Siring Sungai Martapura.
Pasar Terapung Kuin terletak di atas muara Sungai Barito, lokasinya berada di Kelurahan Kuin Utara Kota Banjarmasin, Pasar Terapung Lokba Intan berada di Desa Sungai Pinang, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Kalsel. Sedangkan yang terbaru , yakni Pasar Terapung Siring Sungai Martapura Banjarmasin.


Dalam rangka melestarikan Pasar Terapung, Pemerintah Kota Banjarmasin melaksanakan program Giat Pasar Terapung, yaitu dengan melaksanakan kegiatan Pasar Terapung di Siring Sungai Martapura di Jl. P. Tandean setiap hari Minggu pagi dari Jam 06.00 – 10.00 WITA. Dengan pelaksanaan Pasar Terapung di Siring Tandean yang terletak di pusat kota diharapkan dapat lebih mendekatkan pasar terapung dengan masyarakat. Pasar terapung Siring Sungai Martapura ini beroperasi sekitar tahun 2013 dan terletak di pinggir Jl. Kapten Piere Tandean Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan.

Pasar Terapung Siring Sungai Martapura lokasinya di tengah Kota Banjarmasin yang berdekatan dengan wisata Menara Pandang Banjarmasin, dan juga wisata  Tugu Patung Bekantan Ikon Kota Banjarmasin. Di Pasar Terapung ini para pedagang dan pembeli di area pinggiran dermaga.  Pasar Terapung siring Sungai Martapura ini paling ramai dikunjungi dibandingkan Pasar Terapung Kuin dan Pasar Terapung Lokba Intan, mungkin karena mudahnya akses ke sini dan waktu yang lumayan panjang beroperasinya pasar tradisional ini, menjadikan Pasar Terapung Siring Sungai Martapura favorit masyarakat Banjarmasin untuk mengisi waktu liburan.

Tidak hanya ibu-ibu atau bapak-bapak yang berkunjung di sini, banyak pemuda-pemudi juga berkunjung disini, tidak semuanya dari pengunjung membeli dagangan para pedagang pasar terapung, terkadang hanya sekedar foto-foto dengan teman-temannya dengan back ground para pedagang pasar terapung.

Rata-rata pedagang pasar terapung ini adalah ibu-ibu, dan yang mereka jual pun macam-macam. Di antaranya, bahan-bahan dapur, buah-buahan, sayur mayor, Wadai /kue khas Banjarmasin seperti putu mayang, buras, lapat, jagung besumap (jagung kukus). Ada juga makanan khas Banjar,  seperti Soto Banjar, ketupat kandangan, dll.


Para pengunjung dan wisatawan bisa mengunjungi pasar terapung ini setiap hari Minggu di pagi hari. Mulai dari pukul 06.00 – 10.00 WITA. Biasanya jika datang terlalu siang, para pedagang yang berjualan di klotok sudah mengangkut dagangannya kembali. Di pasar terapung ini, kita juga bisa menemukan makanan tradisional jaman dulu, seperti gulali tarik, gulali rambut, dan tebu. Rasanya enak sekali saat bisa menikmati makanan jaman anak-anak sambil memandangi sungai. (Reporter: Syahri Ruslan)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.