Halloween party ideas 2015


Potensi wilayah Kepulauan Seribu selalu menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, tidak hanya dari sisi alam namun juga sisi budaya.

Dominasi suku Banten, Bugis (Mandar), Kalimantan Timur dan Betawi diyakini menjadi keunikan tersendiri dari pengembangan budaya di pulau-pulau permukiman, yang menjadi potensi wisata budaya.

Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Sudin Parbud) Kepulauan Seribu sendiri mendata pulau-pulau permukiman memiliki berbagai jenis wisata budaya, mulai dari sejarah, upacara tradisional, seni-budaya, cagar alam dan religious.

“Kepulauan Seribu memiliki potensi wisata budaya yang besar, namun perlu dijaga kearifan lokal, tradisi yang sudah ada, dan terpenting budaya yang ada harus bisa dilihat sehari-hari dan menjadi ciri khas untuk, sehingga wisatawan yang berkunjung tertarik,” ucap Kepala Sudin Parbud Kepulauan Seribu, Cucu Ahmad Kurnia, Rabu (05/12).

Tercatat Kepulauan Seribu memiliki agenda rutin wisata budaya yang dilakukan di berbagai Pulau Permukiman, diantaranya Festival Untung Jawa, Pesta Syukuran Laut Kelapa Dua, Haul Babang Pulau Panggang, Festival Tidung, Tasyakuran laut Pulau Panggang, Gebyar Muharam Pulau Kelapa, Syukuran Laut Pulau Sebira dan Fastival Pulau Seribu.

Cucu Ahmad Kurnia menjelaskan, selain kegiatan di pulau, Sudin Parbud juga melakukan kegiatan pelatihan seni serta kegiatan budaya dengan melibatkan masyarakat setempat.

“Wisata budaya adalah jenis wisata yang memanfaatkan potensi hasil budaya manusia sebagai objeknya. Masyarakat Kepulauan Seribu memilliki karakter yang bersahabat, tinggal ditingkatkan pelatihan dan pemahaman terhadap pariwisata,” jelas Cucu. (Sumber: www.pulauseribu.jakarta.go.id)
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.