Halloween party ideas 2015


Gelaran seni dan budaya Banjar digelar di Jakarta. Acara yang dikemas dalam Festival Banjar 2019 tersebut berlangsung dari tanggal 15 - 21 Juli 2019.

Menurut Ketua Panitia Festival Banjar Dr Hj Rosiyati MH Thamrin mengatakan, rangkaian acara Festival Banjar 2019 yang sudah dimulai dari tanggal 15 Juli 2019 tersebut digelar di beberapa lokasi seperti di Museum Nasional Indonesia (Museum Gajah, Kawasan Monumen Nasional) dan Car Free Day Bundaran HI Jakarta. Festival dengan acara utama parade budaya, silahturahmi dan bazaar diharapkan menjadi ajang pengenalan keberadaan Provinsi Kalsel (Banjar) di mata dunia.

“Kegiatan festival Banjar yang secara berkala kita gelar ini, menjadi ajang promosi banua kita. Dan kegiatan ini menarik perhatian turis mancanegara,” ujar Rosiyati.

Bagi warga masyarakat yang ingin menyaksikan Festival Banjar 2019, berikut susunan acaranya:

Pra Acara:  

– 15 Juli – 18 Juli 2019 di Museum Nasional Indonesia dengan acara sebagai berikut,

1. Lomba Tulis Jukung Nasional Bertempat di Museum Nasional Indonesia
2. Replika Pasar Terapung, Replika pasar terapung, merupakan karya Seni Rupa Instalasi Interaktif,yang dirancang khusus jukung beratap dan beroda,yang akan digelar secara terbuka untuk umum,di Museum Nasional Indonesia.
3. Pesta Lukis Partisipasi, Pesta Lukis Partisipasi akan melibatkan seratus lebih partisipan pelukis dari UNJ, yang secara massal akan melukis langsung bersama sama di lokasi untuk membuat dinding rumah Adat Banjar Bubungan Tinggi yang dinamakan “Mahligai Sasirangan”.
4. Replika Kampung Banjar hadir berbentuk Seni Rupa Instalasi,yang akan melibatkan ratusan pelukis secara nasional, dan pengrajin kain Sasirangan se Kalimantan Selatan, terdiri tiga bentuk rumah berarsitektur Banjar, Rumah Banjar Bubungan Tinggi, Rumah Banjar Palimasan / Palimbangan, Rumah Banjar Lanting.
5. Replika Kampung Dayak Meratus. Kampung Dayak Meratus,divisualkan dalam bentuk Seni Rupa Instalasi Pertunjukan yang terdiri dari Balai, Perangkat Aruh Adat Dayak Meratus, Para Balian balian asli dari pedalaman Meratus.

Puncak Acara 3 Hari Berturut-turut:

Jumat, 19 Juli 2019 pkl 14.30 – 16.20 WIB, di Museum Nasional Indonesia, pagelaran pertunjukan dan pameran, paket sajian Panpel KBB Jabodetabek dan pake sajian 13 Kabupaten / Kota se Kalsel dan Bubuhan Banjar Sedunia.  Acara pembukaan festival dilakukan oleh Wamenlu RI AM Fachir dihadiri Gubernur Kalsel, para Dubes negara sahabat, tokoh Banjar, pelaku usaha, dan masyarakat.

Pada hari Sabtu, 20 Juli 2019 pukul 10.00-14.30 WIB halalbihalal, dihadiri ribuan warga Banjar, silaturahim warga Banjar se-dunia di Museum Nasional Jakarta.

Minggu, 21 Juli 2019 pkl 06.00 – 11.00 WIB Parade Budaya Banjar, Dayak Meratus, dan replika Pasar Terapung di Car Free Day (CFD) Bundaran HI Jakarta.

Minggu, 21 Juli 2019 pkl 14.00 – 21.00 WIB Pageleran Aruh Adat Dayak Meratus, persembahan dari Kabupaten HST, dirangkai dengan tari tarian dayak dari Balangan, Batola,Tabalong, dll di Museum Nasional Indonesia. (Kontributor: Syahri Ruslan)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.