Halloween party ideas 2015



Tidak hanya ragam wisata alamnya yang menawan dan sangat indah, pun tidak hanya ragam budayanya yang sangat otentik dan unik. Setiap wilayah di Indonesia juga memiliki ragam kuliner khas dengan rasa yang begitu identik, mulai dari Sabang hingga ke penjuru Merauke di ujung paling timur. Tak heran, karena Indonesia memiliki berbagai jenis rempah yang membantu menguatkan cita rasa makanan.

Riau adalah salah satunya. Provinsi di Pulau Sumatra ini juga menawarkan aneka olahan dan sajian yang sangat istimewa. Soal rasa, jangan ditanya, tentu saja khas dan penuh dengan paduan bumbu yang terolah dengan sempurna. Ini dia beberapa pilihannya untuk Anda.


  • Ikan Baung Asam Pedas


Ikan Baung Asam Pedas (Sumber: resepaneka99.blogspot.com)

Ikan menjadi makanan yang terbilang khas di Riau dan beberapa wilayah lainnya di Pulau Sumatra. Salah satunya adalah ikan baung. Cara pengolahannya tentu saja dengan menggunakan paduan berbagai bahan rempah dan tambahan asam, menjadikan rasanya berpadu antara asam dan pedas. Ikan baung terbilang aman dikonsumsi anak, karena tidak memiliki duri dan dagingnya begitu lembut.


  • Mi Sagu
Bosan dengan mi yang biasa Anda konsumsi sehari-hari? Coba deh olahan mi satu ini, mi sagu. Ya, bahan dasar mi ini bukan dari tepung terigu, melainkan tepung sagu. Biasanya, hidangan ini disantap dengan rebusan tauge, daun kucai, dan ikan teri yang dimasak sambal goreng. Rasanya tentu saja lezat, dan aman untuk diet juga dikonsumsi pengidap diabetes.



  • Cincalok

Ingin mencoba menu baru untuk olahan sambal Anda? Coba cincalok khas Riau ini. Sajian cincalok dibuat dari udang berukuran kecil yang telah melalui proses fermentasi, menghadirkan aroma dan cita rasa yang begitu khas. Jika Anda penyuka makanan pedas atau olahan sambal, coba tambahkan cincalok untuk rasa yang lebih membuat ketagihan. Jangan lupa, nasi putih hangat sebagai sajian utama.


  • Gulai Belacan

Masih sajian berbahan dasar udang, menu selanjutnya adalah gulai belacan. Proses pengolahannya ditambah santan kental dan aneka rempah pilihan. Kuahnya berwarna kemerahan dan tentu saja teksturnya kental layaknya gulai. Jenis udang yang digunakan bisa berasal dari air tawar maupun air laut, sama saja nikmat dan lezatnya ketika disantap.


  • Gulai Ikan Patin

Sepertinya, sebagian besar hidangan khas Riau adalah gulai yang identik dengan hasil laut. Seperti yang satu ini, gulai ikan patin yang begitu populer di Riau. Berbahan dasar ikan patin, olahan satu ini dibuat dengan beragam bumbu pilihan dan tambahan santan. Berbeda dengan gulai belacan, gulai patin ini memiliki kuah berwarna kekuningan seperti opor. Namun, kentalnya tidak berbeda. Tentu saja nikmatnya akan membuat Anda tak berhenti mencobanya.


  • Nasi Lemak


Nasi Lemak (Sumber: nathaniaangeliablog.wordpress.com)

Nasi lemak sebenarnya sangat populer di Singapura, Brunei Darussalam, dan Malaysia. Di Indonesia sendiri, olahan satu ini menjadi makanan populer di Riau. Seperti nasi uduk, nasi lemak menjadi hidangan yang begitu pas disantap untuk sarapan. Proses pengolahannya pun mirip, nasi ditambah dengan daun pandan dan santan. Lauknya beragam, mulai dari suwiran ayam, telur rebus, ikan teri goreng, dan sambal.

Itu tadi beberapa kuliner khas Riau yang wajib Anda cicipi ketika berkunjung ke Tanah Sumatra. Tidak perlu bingung mencari tiket pesawat ke Riau, karena banyak maskapai penerbangan domestik yang melayani rute menuju Riau. Salah satunya adalah Batik Air. Nah, lebih mudah lagi jika Anda pesan tiket pesawat Batik Air melalui aplikasi Airy. Mudah, praktis, aman, terpercaya, dan perjalanan bisa Anda ubah atau batalkan/refund dengan nyaman. (Sumber: Redaksi) 

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.