Halloween party ideas 2015


Menara Pandang, Siring Tendean, Banjarmasin, Kalimantan Selatan masih menjadi salah satu ikon destinasi wisata selain destinasi lainnya di Kota Seribu Sungai. Bangunan kokoh yang berdiri di bantaran Sungai Martapura ini menjadi tempat bersantai para wisatawan baik nusantara maupun mancanegara.

Dari Menara ini wisatawan juga bisa menikmati landscap Kota Banjarmasin yang dibelah Sungai Martapura. Tak hanya itu di bantaran Siring Tendean, sejumlah pedagang pasar terapung di hari Sabtu dan Minggu, menyambut wisatawan dengan beragam dagangan.

Pemandangan ini pun menjadi sisi lain yang sayang terlewatkan saat berkunjung dan menyusuri sudut Banjarmasin.

Dan sekarang sembari menikmati keindahan sore hari di bantaran sungai, Menara Pandang Banjarmasin, memanjakan wisatawan untuk melihat-lihat foto Banjarmasin tempo dulu dan kekinian. Foto kenangan budaya dan sejarah Banjarmasin salah satu yang dipajang dalam Rumah Galeri Foto Baiman, Menara Pandang, Banjarmasin.

Galeri yang ditata apik dengan sentuhan seni ini awal tahun 2020 siap dibuka untuk umum. Selain edukasi galeri ini menjadi salah satu destinasi wisata saat wisatawan berkunjung ke Kawasan Siring Tendean Banjarmasin.

Dan untuk melengkapi foto-foto yang ditampilkan, pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin masih menginventarisir foto-foto yang disumbang masyarakat. Foto bernilai sejarah sendiri dipajang di sudut-sudut ruang galeri. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin mengapresiasi sejumlah warga yang memberikan foto sejarah Banjarmasin untuk dipajang di Rumah Galeri Foto Baiman.

Rumah Galeri Foto Baiman juga menyediakan ruangan khusus untuk pameran foto para fotografer. Selain itu, mata pengunjung akan disuguhi oleh foto talenta-talenta muda Banjarmasin.

Tajuk dalam galeri tersebut mengambil lanskap keindahan Banjarmasin i seperti pesona Pasar Terapung dan Wisata Siring Tendean, hingga maskot Kalimantan Selatan, Bekantan (Nasalis larvatus) adalah jenis monyet berhidung panjang dengan rambut berwarna coklat kemerahan dan merupakan satu dari dua spesies dalam genus Nasalis.

Selain dapat mempromosikan obyek-objek wisata di Banjarmasin khususnya dan Kalsel umumnya, Rumah Galeri Photo Baiman juga dapat berperan dalam mengedukasi masyarakat untuk dapat menjaga bangunan dan tempat-tempat bersejarah. Agar nilai historisnya tidak hilang. 

Kehadiran Rumah Galeri Foto Baiman diharapkan bisa mengubah cara pandang publik terhadap galeri seni foto yang dulu dianggap membosankan. Dan tentunya, kehadirian Rumah Galeri Foto Baiman yang memajang foto bersejarah termasuk wisata Banjarmasin mendapat apresiasi berbagai kalangan dan diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan. (Kontributor: Syahri Ruslan)



Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.